Demam “om telolet om” menjamur di Indonesia saat ini, di acara televisi, media online, media sosial yang ada di Indonesia. Saking hebohnya, om telolet om sampai menjadi trending topic dunia. Bahkan menurut pandangan saya, slogan om telolet om bisa jadi menjadi bahan kampanye pasangan pilkada di negeri ini untuk merebut hati masyarakat Indonesia dan menarik jumlah suara. Membayangkan para calon berfoto menjadi sopir bus sedangkan di pinggir jalan banyak orang mengangkat spanduk dengan foto gambar calon tersebut.

Sederhana dan adanya pengakuan dunia. Dua hal yang membuat demam om telolet om menjadi sorotan saat ini. Pertama, sederhana. Karena hanya dengan membunyikan klakson hasil modifikasi sudah cukup membuat masyarakat Indonesia Bahagia sebuah timbal balik dari sopir bus dengan membunyikan klakson karena ada beberapa pengemar bus memotret bus saat bus melintas. Seiring berjalannya waktu, saat ini bahkan sudah ada komunitas pemburu telolet.

Kedua, adanya pengakuan dunia. Beberapa selebritis dunia memperbincangkan. Zedd, DJ Snake, Dillon Francis, Marshmello adalah beberapa selebritis dunia yang memperbincangkan. Bahkan Martin Garrix dan The Chainsmokers di Twitter bertanya “ What does om telolet om mean?". Pertanyaan ini akhirnya dijawab sejumlah netizen Indonesia. Mereka menjelaskan arti istilah tersebut dalam Bahasa Inggris.

Bisa jadi fenomena om telolet merambah kedunia musik. Saat sebuah EO (event organizer) mengundang artis luar negeri semacam Linkin Park, Muse, Justin Bieber, Super Junior atau siapapun itu kita tidak lagi mendengar kata sambutan “apa Kabar Indonesia? Tapi “om telolet om”.

Kalau boleh menyambungkan fenomena om telolet om dengan kejuaraan piala AFF 2016 adalah wujud kekecewaan. Kita sudah membayangkan sebuah bus dengan bagian atas terbuka yang berisikan semua pemain,jajaran pelatih dan pengurus PSSI mengarak piala AFF 2016 keliling Indonesia. Para pemain akan melambaikan tangan sambil tersenyum, sesekali mengangkat piala tersebut.

Advertisement

Masyarakat Indonesia yang menyaksikannya akan bertepuk tangan, tersenyum, mengangkat spanduk bertuliskan terima kasih atas perjuangannya, atau menyebut beberapa nama pemain yang dianggap berperan besar atas juara tersebut. Tagar yang akan jadi trending topic ialah #Indonesiabisajuara. Sayangnya Indonesia gagal lagi untuk kelima kalinyamenjadi juara, dan masyarakat Indonesia menghibur diri dengan fenomena om telolet om.

Yahhhhh…baper lagi deh ingat kekalahan di piala AFF 2016.

Daripada baper AFF, debat soal uang, agama dan politik mending nonton video "Om Telolet Om" aja deh!