Menurut gua skripsi adalah sesuatu yang bikin males banget atau ogah banget dan bukan gua baget. Tapi di balik semua itu, banyak yang gua pikirin. Terutama orang tua dan biaya yang bakal keluar kalo gua terus nunggak nyusun skripsi. Asli, gua mager banget nyusun skripsi. Padahal dulu gua ngebet banget pengen cepet wisuda, dengan ngikutin semester pendek terus, belajar giat dan lain lain.

Buat skripsi banyak banget cobaan, dari dalam maupun luar. Saat salah satu dari kalian udah kerja apalagi, makin susah nyusun skripsi. Gila, banyak banget godaan. For example godaan duit, haha. Jadi gini, saat lu lu pade udah pegang duit, berasa males banget deh pegang skripsi. Tapi jangan gitu ya, inget tujuan awal kita apa.

Cobaan yang lain lagi adalah niat, sekali lagi gua ulangin niat. Coba dong kasih tau gua, ngumpulin niat itu gimana, atau cari niat itu di mana, kalo lu pade bisa beli niat, gue tanya, beli di mana? hahahaha. Serius deh, niat adalah hal utama yang harus dibangun saat kita mau nyusun skripsi. And so… Setelah lu pade ngumpulin niat, tinggal actionnya gimna, percuma juga kalo udah niat tapi nggk ada action.

Malas, sebenernya gue juga kesel sama si malas itu, anak mana coba, siapa coba yang nyusun abjad begitu. Malas adalah setan dalam diri manusia, kalau bukan kita yang ngilangin siapa lagi coba. Jadi ayo dong jangan malas nyusun skripsi, banyak hal yang menanti kita di luar sana, entah jodoh, pekerjaan, bahkan emak yang kepengen gendong cucu.

Setelah masalah di atas selesai, masih ada cobaan lagi boy, astaga banyak banget ya cobaannya, sabar lah, hahaha. Dosen pembimbing, yang namnya dosbing ini emang ngeselin. Di saat kita udah bisa ngalahin yang namnya si males, eh dosbing ini ngebuat mental kita down. Kesel banget deh tu, untung kalo dapet dosbing yang baik hati, rajin menabung, suka masak, sayang anak kecil (eh ini mah kriteria calon istri idaman, hahaha), intinya kalo dapet dosbing yang baik itu rasanya surga dunia deh. Pokonya enak banget lah. 

Advertisement

Guys, kalo dapet dosbing yang kiler minta ampun, kita harus sabar dan telaten dan jangan mudah emosi, serta jangan keras kepala. Karena skripsi kita di tangan mereka. Memang sih semua di tangan Allah SWT, rezeki, jodoh, kematian sudah ditentuin. Tapi lewat perantara, misalkan kayak skripsi kita, perantara kita dosbing, mungkin dosbing yang sulit waktu bimbingan bisa mempermudah waktu kita sidang.

Semangat nyusun skripsi guys, jangan malas dan cepat dikerjakan ya, karena skripsi juga menentukan nasibmu ke depan.