Menjalin sebuah hubungan asmara memang gak gampang. Ada yang tetap berusaha untuk menuju pelaminan, bahkan gak jarang juga yang ngandet di tengah jalan. Banyak faktor tentunya yang mempengaruhi hubungan asmara seseorang, sehingga gak gampang untuk dijalani. Faktor lingkungan, restu keluarga, kondisi sosial ekonomi (nggak dipungkiri) pasti juga akan menjadi faktor pengaruh di dalam sebuah hubungan.

Rasa sayang terhadap pasangan kita tentunya hal yang sudah sepantasnya ada dan sepantasnya kita punya. Selama menjalani hubungan, mencurahkan rasa sayang bisa kita lakukan dengan berbagai macam hal, seperti contohnya yang termudah adalah memberi perhatian terhadap pasangan kita.

Tapi, akan salah kalau rasa sayang yang kamu punya masih ada ketika hubungan kamu sudah kandas. Kenapa?

1. Kamu hanya menyakiti diri sendiri

Guys, percaya deh kalau menjalani hidup dengan kenangan bersama mantan itu gak enak. Kamu akan susah dalam memutuskan ruang gerakmu ke depan. Semua jadi terasa serba salah. Semua akan terasa menyedihkan tanpa kehidupanmu yang lama. Mau sampai kapan merasa sedih untuk apa yang bukan lagi milik kamu?

Advertisement

2. Kamu akan sulit menemukan pendamping yang baru

Salah satu akibat paling menonjol akibat kamu yang belum move on tentu kamu akan sulit menemukan pendamping hidupmu yang baru. Kamu akan masih sangat membandingkan setiap orang yang deketin kamu dengan mantan kamu sebelumnya. Sedikit kesalahan yang dia buat akan menjadi pembanding dengan apa yang pernah terjadi sebelumnya di hidup kamu. Trust me, gak ada orang yang sempurna dan persis sama. Kamu harus perlahan-lahan menyadari kalau setiap orang pasti punya sisi baik dan sisi buruk yang berbeda. Meskipun ngerasa nyaman itu memang susah didapatkan, tapi berusaha gak pernah ada salahnya kok.

3. Kamu menyakiti pasangan-"nya"

Nah, apalagi kalau mantanmu sudah beralih dan punya "yang baru". Duh, udah harus banget kamu juga bersikap sama, Guys. Secara gak sadar, dengan kamu yang masih menyimpan rasa untuk mantanmu, kamu bisa menyakiti perasaan pasangannya. Coba kamu bayangin, apa kamu bisa menerima kenyataan bahwa di luar sana ada orang lain yang juga punya rasa sayang ke pacarmu?

4. Kamu bisa merusak hubungan orang

Mungkin juga ada beberapa dari kamu yang masih kontak dengan mantanmu. Hal itu gak akan pernah jadi salah kalau kalian berdua sudah menerima keputusan kalian untuk berpisah. Jadi teman baik gak akan jadi masalah. Yang jadi masalah kalau masih ada segelintir rasa terpendam untuk mantanmu. Setiap tindakan atau perkataan yang dia keluarkan akan menjadi sesuatu yang spesial untuk kamu dan buat kamu lupa diri kalau dia sudah ada yang punya. Kalian bisa dibilang punya hubungan yang gak sehat. Yang paling fatal adalah kamu bisa membuat hubungan mereka kandas juga sama sepertimu.

Meskipun lupain semua kenangan dengan mantan gak segampang apa yang orang bilang.

Think wisely and "Keep Moving On", Guys!

Masih banyak kegiatan di luar sana yang bisa kamu nikmati selain cuma "stalking" mantan pacar. Berbahagialah dengan hidupmu yang baru tanpa bayang-bayang mantan menghantuimu. Apapun alasan kandasnya hubungan kalian, just be realist if he isn't yours anymore, you can't keep your feeling with you. 🙂