Kesehatan itu penting meski bukan segalanya, tapi tanpa kesehatan yang baik maka segalanya bisa tak berarti, uang banyak tidak bisa dinikmati ketika sakit, kita tidak bisa beraktifitas mencari nafkah bila sakit.

Sakit menjadi mahal karena efek dari sakit itu memerlukan biaya yang tidak sedikit, biaya yang paling mahal dari sakit adalah kita kehilangan kemerdekaan beraktifitas. Sehat menjadi murah karena banyak hal yang bisa dihemat ketika sehat, dengan sehat pula kita bisa beraktifitas secara produktif yang menghasilkan uang tentunya , itulah efek paling “murah” dari sehat yaitu bisa beraktifitas untuk menghasilkan uang.

Sehat dianggap menjadi hal yang biasa, ketika jatuh sakit kita akan merasakan sehat menjadi sesuatu yang luar biasa.

Apakah kita harus jatuh sakit agar bisa merasakan nikmatnya sehat?

Banyak orang kurang bisa menghayati makna sehat , sehat harus dimaknai sebagai anugrah Tuhan yang harus kita syukuri dari waktu ke waktu.

Advertisement

Kita merasakan nikmatnya sehat dari hal-hal yang sederhana yang melekat dengan segala aktifitas hidup kita sehar-hari, dengan mata sehat kita bisa melihat, dengan paru-paru dan jantung sehat kita bisa bernafas lega, dengan kaki sehat kita bisa berjalan, dengan tangan sehat kita bisa melakukan banyak aktifitas, dengan mulut dan gigi yang sehat kita bisa mengunyah dan menelan, dengan usus sehat kita bisa mencerna makanan dengan baik.

Dengan seluruh organ tubuh yang sehat kita bisa melakukan banyak hal yang produktif yang berguna untuk kelangsungan hidup kita, karena kita menyadari betapa pentingnya kesehatan, maka kita harus senantiasa menjaga kesehatan dengan baik, itulah makna mensyukuri nikmat sehat.

Menjaga kesehatan artinya kita harus selalu berhati-hati dalam mengelola kesehatan tubuh kita agar tidak diserang penyakit atau kecelakaan yang menyebabkan organ tubuh kita jadi sakit sehingga menghambat aktifitas hidup. Cara menjaga kesehatan yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan pola makan sehat.

Pola hidup sehat yaitu serangkaian aktifitas yang biasa kita lakukan setiap hari, seperti tidak merokok, tidak begadang , berolah raga dsb. Sedangkan pola makan sehat yaitu selalu menerapkan kebiasaan mengkomsumsi makanan yang bergisi, tidak suka makan yang berlemak, makan tepat waktu.

Silakan juga baca artikel ini dalam versi bahasa Inggris: http://gofunds.blogspot.com/2016/11/why-health-is-cheap.html