Kuliner adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan untuk menikmati berbagai macam masakan dan rasa. Disetiap tempat wisata pada umumnya pasti memiliki sesuatu yang khas dari daerah itu sendiri dan saat kita berkunjung ke tempat yang belum pernah kita datangi sebelumnya, rasa penasaran akan hal- hal spesial dari tempat tersebut akan membuat kita mencoba menelusuri daerah wisatanya dengan segala isinya.

Salah satu yang membuat tempat wisata digemari para pengunjung adalah kulinernya. Bagi sebagian orang, berkunjung tanpa mencoba makanan khas daerah tersebut adalah bagai makanan tanpa garam. Bisa dimakan, namun kurang nikmat. Bayangkan saja, akan sangat nikmat rasanya saat kita menikmati keindahan alam di tempat wisata sekaligus mencicipi makanan khasnya.

Nah, jika kalian berada di Pulau Madura, jangan lewatkan waktu kalian untuk mencicipi makanan- makanan khas pulau garam yang sudah sangat populer ini.

Rujak Cingur

Advertisement

Kita mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar kata rujak . Bahkan dibeberapa tempat, rujak sudah banyak macamya seperti rujak manis, rujak es krim, ataupun rujak sayur. Namun sebenarnya, rujak berasal dari Madura. Makanan khas ini adalah makanan khas daerah Madura yang seringkali membuat para penikmatnya akan rindu makan rujak cingur.

Petis adalah bumbu andalannya, dan cingur adalah tambahan utamanya. Cingur sendiri didapat dari lidah sapi yang sudah diolah sebelum akhirnya menjadi bahan utama rujak ini. Saat kita memesan, silahkan pikirkan dahulu berapa banyak cabe yang kalian mau, karena jika kita hanya berkata pedas , bersiaplah dengan kepedasan rujak cingur buatan orang Madura terutama bagi kalian yang tidak kuat pedas, karena pada dasarnya mereka suka sekali dengan rasa pedas.

Selain banyak cabe, kalian juga akan ditanya untuk tambahan bumbu rujak seperti jambu monyet (jika saat itu sedang musim) dan pisang mentah karena tidak semua orang menyukainya, jadi sesuaikanlah dengan selera kalian masing- masing dan budget juga tentunya.

Bebek Songkem

Jika di daerah lain bebek di goreng atau di penyet, lain halnya dengan bebek yang ada di Madura. Untuk yang suka bebek, kalian bisa mencoba bebek songkem asli Madura ini. Bebek dengan bumbu rempah ini memiliki rasa dan bentuk yang unik. Badannya ditengkurapkan hingga menjadi seperti bebek yang sedang menundukkan kepala, dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus secara utuh.

Kata songkem sendiri berasal dari Bahasa Madura yang artinya menunduk dan melipat tangan atau kaki. Bebek songkem ini disajikan hangat dengan bumbu rempah yang masih menempel. Rasanya nikmat dan tidak biasa.

Sate Bumbu

Saat kalian mendengarkan kata sate, pasti yang terlintas adalah Madura. Yah, memang sate berasal dari pulau ini dan di tempat inilah kalian bias menikmati sate yang asli dengan berbagai jenis seperti sate bumbu dengan bumbu berwarna merah yang dipanggang, sate kecap dengan irisan bawang merah sebagai pelengkap, sate lalat yang satenya sangat kecil imut menggemaskan, sate gulai yang dicampur dengan kuah gulai daging, dan sate- sate yang lain.

Orang Madura biasanya mengolah daging ayam, kambing, dan sapi untuk dijadikan sate. Jika kalian ingin makan sate dengan jenis tertentu, pastikan bahwa kalian berada di tempat yang tepat, jangan sampai salah tempat jenis sate.

Kripik Singkong

Di dalam perjalanan menikmati pemandangan pulau Madura, kalian bisa jalan- jalan sambal mengunyah camilan. Kripik singkong terbuat dari singkong yang dipotong panjang- panjang atau bulat- bulat dengan dua rasa yaitu bawang putih dan pedas manis. Camilan ini diolah oleh penduduk Madura sendiri dari bahan pilihan yang membuat kripik ini enak dan renyah. Camilan inilah yang sering dibeli oleh para pengunjung karena jarang sekali di jual di toko- toko luar pulau Madura.

Soto Madura

Seperti soto- soto pada umumnya, soto Madura disajikan dengan telur, bihun dan daging. Namun, kuahnya yang segar dan ketupat yang empuk membuat soto Madura terasa sangat enak. Makanan ini tidak di banyak dijual di banyak tempat, jadi jika kalian berhasil menemukan soto Madura yang di jual dengan gerobak atau pedagang kaki lima, kalian berada di tempat yang tepat.

Lorjuk

Lorjuk adalah kerang bambu yang bentuknya agak panjang namun kecil. Orang Madura mengolah lorjuk dengan nasi kering yang biasa dicebut rengginang atau dengan kacang goreng, harganya akan lebih murah dibandingkan dengan lorjuk yang sama sekali tidak ditambah bahan lain. Makanan ini biasanya di makan langsung sebagai snack atau teman makan nasi. Tidak begitu sulit untuk mendapatkan camilan lorjuk karena camilan ini tersedia di beberapa toko oleh- oleh di Madura.

Otok

Kacang panjang biasanya di olah untuk lalapan atau pecel, dan di pulau Madura kita bisa mencicipi otok ini sebagai camilan. Otok terbuat dari isi kacang panjang yang diolah dan diberi bumbu, orang Madura biasanya mengolahnya menjadi dua rasa yaitu rasa gurih dan pedas manis. Rasanya tidak membosankan dan cocok sebagai teman perjalan sembari menikmati keindahan pulau Madura.

Itulah 7 makanan khas dari Madura yang sayang jika dilewatkan apalagi makanan yang hanya tersedia dia tempat itu. Setelah membaca semua penjelasan makanan diatas, sekarang kalian dapat menentukan makanan apa yang ingin kalian nikmati jika sedang berada di pulau Madura atau yang ingin pergi kesana. Nikmatilah pemandangannya, tapi jangan lupakan makan khasnya. Selamat berkunjung!