1. Gramedia Pustaka Utama

Gramedia Pustaka Utama dikenal sebagai salah satu penerbit terbesar di Indonesia. Di balik kehebatannya itu, tentu saja ada tembok kokoh yang sulit ditembus oleh calon penulis. Penerbit yang satu ini menetapkan kebijakan hanya menerima naskah hard copy atau berupa naskah print out saja, dan tidak menerima naskah via email. Hal ini dimaksudkan agar editor tidak kesulitan ketika melakukan review naskah karena setiap harinya, ada ratusan naskah masuk ke dalam antrean seleksi di GPU. Wah, keren ya? Jadi, kalau kamu mengirim naskah ke penerbit ini, pastikan kamu punya karakter sabar. Karena apa? Di balik ratusan naskah yang harus diseleksi oleh editor GPU, masa seleksinya minimal 4-5 bulan. Lama juga ya? Tentu saja. Demi bukumu terbit di penerbit sekelas GPU, kamu memang harus sabar. Kamu bisa mengirimkan naskahmu via pos ke alamat berikut ini.

PT Gramedia Pustaka Utama
Gedung Kompas Gramedia Lantai 5
Jl. Palmerah Barat 29-37
Jakarta 10270
 

2. Grasindo

Nah, penerbit yang satu ini juga kelompok Gramedia lho. Kabarnya, Grasindo lebih fokus menerbitkan buku-buku pelajaran. Eh, tapi jangan picik, karena walaupun begitu, Grasindo juga menerima jenis naskah fiksi, non fiksi, dan buku referensi. Kalau kamu ingin mengirimkan naskahmu ke Grasindo, silahkan siapkan naskahmu dan kirim ke alamat berikut.

Advertisement

PT Grasindo

Gedung Kompas Gramedia Blok 1/lantai 3

Jalan Palmerah Barat No. 29-37

Jakarta, 10270

Berbeda dengan Gramedia, penerbit ini mau menerima naskah selain hard copy kok, dengan cara klik http://www.grasindo.id/kirim-naskah/. Jadi, kalian bisa mengirimkan naskah via web dengan klik link tersebut!

 

3. Elex Media Komputindo

Satu lagi nih kelompok Gramedia Pustaka Utama. Elex Media Komputindo fokus pada pengembangan buku-buku grafis, misalnya komik, atau sesuatu yang berhubungan dengan video games. Namun tentu saja, Elex Media juga membuka kesempatan untuk berbagai jenis naskah. Buktinya, banyak novel dan buku-buku bertema Psikologi diterbitkan oleh penerbit ini. Kamu bisa mengirimkan naskahmu ke penerbit ini dengan alamat berikut.

PT Elex Media Komputindo

Gedung Kompas Gramedia Lantai 2

Jalan Palmerah Barat 29 – 37

Jakarta Pusat, 10270

Atau, kalian juga bisa mengirimkan naskah via email ke [email protected].

 

4. Bentang Pustaka

Berbeda dengan kebanyakan penerbit yang lebih suka menerima naskah hard copy, Bentang Pustaka justru menyarankan para penulisnya untuk mengirimkan naskah via email saja untuk mengurangi penggunaan kertas. Keren ya? Penerbit yang sukses dengan karya-karya Andrea Hirata ini menerima naskah fiksi maupun non fiksi. Kamu bisa mengirimkan naskahmu ke alamat email [email protected]. Atau kalau kamu mau mengirimkannya via pos, kirimkan ke alamat berikut.

PT Bentang Pustaka

Jalan Plemburan No. 1 Pogung Lor, RT 11 RW 48 SIA XV Mlati

Sleman, DIY, 55284.

 

5. GagasMedia

Hal paling menonjol dari buku-buku terbitan GagasMedia adalah cover-nya yang keren dan colorful. Penerbit yang terkenal lewat novel berjudul Jomblo (Adhitya Mulya) dan Kambing Jantan (Raditya Dika) ini berdiri sejak tahun 2003 dan memfokuskan diri pada buku-buku remaja dan dewasa muda. Pantas saja ya kalau cover-nya selalu muncul dengan sangat energik. Walaupun begitu, GagasMedia menerima banyak jenis naskah kok. Kamu bisa buka webnya dan pantengin beberapa jenis naskah yang siap diterbitkan oleh GagasMedia—siapa tahu jenis naskah tersebut cocok dengan naskahmu. Setelah melengkapi syarat-syaratnya, naskahmu siap dikirim ke alamat berikut.

Redaksi GagasMedia
jalan Haji Montong No. 57, Ciganjur
Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630

 

6. Stiletto Book

Ini nih salah satu penerbit unyu di Indonesia. Penerbit yang satu ini khusus menangani naskah-naskah tentang perempuan. Wah, hebat ya? Stiletto Book memang mendedikasikan diri untuk mengembangkan kaum perempuan dengan menerbitkan naskah-naskah yang kesemuanya berbau tentang wanita, mulai dari fiksi hingga non fiksi. Buku terbitan Stiletto Book yang cukup terkenal adalah Sukses Bekerja dari Rumah karya Brilyantini. Asyiknya lagi, penerbit buku wanita yang satu ini agak berbeda dengan penerbit lainnya. Stiletto Book memberi kesempatan kepada penulis untuk mengirimkan draft naskah 30 halaman terlebih dahulu ke alamat email [email protected]. Sebulan kemudian, Stiletto Book akan memberi keputusan naskahmu ditolak atau diterima. Kalau diterima, silahkan mengirimkan hard copy naskahmu ke alamat berikut.

Penerbit Stiletto Book

Jalan Melati No. 171 Sambilegi Baru Kidul

Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta

Setelah mengirimkan naskah, silahkan menunggu dengan tiga kemungkinan, yaitu terbit tanpa revisi, terbit dengan revisi, atau belum layak terbit dan mendapat input dari tim redaksi.

 

7. Penerbit Andi

Penerbit yang beralamat di Yogyakarta ini ternyata sudah berdiri sejak 4 Januari 1980. Wah, tua juga ya? Di awal berdirinya, Penerbit Andi fokus pada bisnis percetakan saja. Namun, di akhir tahun 1980, penerbit ini berkembang pesat dan mengembangkan bisnisnya ke arah penerbitan buku. Andi menerima berbagai jenis naskah yang bisa dikirim melalui pos ke alamat berikut.

Penerbit Andi

Jalan Beo no. 38-40

Yogyakarta 55281

Oh ya, Penerbit Andi juga menerima kiriman naskah via email kok. Kirimkan saja naskahmu ke [email protected].

 

Itu baru tujuh penerbit. Masih banyak—sekali—penerbit buku di Indonesia yang siap menerima naskah-naskahmu. Menurut saya, ada baiknya kamu mempelajari karakter naskahmu—novel romance, buku panduan, buku Psikologi, atau buku bertema pertanian—dan mengirimkannya ke penerbit dengan karakter yang sama dengan naskahmu itu. Dengan begitu, kemungkinan naskahmu terbit akan lebih besar. Eh, tapi tentu saja, walaupun setiap penerbit punya karakternya masing-masing, mereka tetap menerima berbagai jenis naskah kok. Jadi, seorang penulis tidak boleh malas ya, rajin-rajinlah buka web penerbit incaranmu dan cari tahu tentang karakter penerbit tersebut. Oh ya, syarat-syarat yang harus kamu penuhi ketika mengirim naskah—misalnya, sinopsis untuk naskah fiksi, atau daftar isi untuk naskah non fiksi—juga harus diperhatikan ya. Satu lagi, jangan pernah lupa menuliskan jenis naskah—fiksi/non fiksi, remaja/dewasa, atau yang lainnya—di sudut kiri amplop untuk memudahkan editor melakukan proses seleksi. Kewajiban yang lain adalah mencantumkan data diri yang lengkap, yang biasanya meliputi nama lengkap, nama pena, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, sinopsis atau daftar isi naskahmu, kelebihan dan kekurangan naskah, usaha-usaha apa saja yang akan kamu lakukan kalau penerbit bersedia menerbitkan naskahmu, dan lain-lain. Hal-hal pelengkap ini bisa kamu temukan di web masing-masing penerbit sebagai syarat mengirim naskah. Selamat mencoba mengirimkan naskah dan bersiaplah jadi penulis!