Terimakasih atas kekuatan, keteguhan hati dan rasa sabar yang telah diajarkan kepadaku, begitu sangat berarti hingga aku bisa berdiri dengan kokoh disini sebagai seorang perempuan dengan tempaan yang tidak mudah.

Aku belajar banyak dari setiap orang yang sudah aku temui, dengan jalan hidup mereka dengan latarbelakang yang berbeda dengan cara membangun kekuatan – kekuatan hidup mereka yang berbeda. sebenarnya hidup ini gratis siapa bilang hidup ini serba mahal bisa belajar dengan gratis tanpa membayar sepeserpun inilah pendidikan kehidupan. Tidak ada istilah keluar atau dikeluarkan dari pendidikan ini yang ada hanya tertinggal dan naik kelas.

Naik kelas adalah saat kita diuji oleh yang Maha Kuasa, tapi kita tetap fight bahkan terus belajar menggali kekuatan karena sebenarnya kekuatan itu ada, tak kala kita belajar banyak dari hidup oranglain, dan tertinggal saat kita merasa sombong menganggap bahwa kita mampu, kita kuat bisa dengan dirisendiri tidak butuh pertolongan oranglain dan tanpa perlu melihat oranglain.

Aku sangat percaya kepada Rabbku dalam kitabnya, bahwa tidak ada yang tidak bisa dilalui selama kita masih mempunyai kekuatan kesabaran, Ujian ini hanyalah sedikit dari banyaknya kehidupan yang harus kita syukuri. sungguh sabar tak pernah ada batasnya kitalah yang membatasinya menjadi rumit dan tidak pernah bercermin dengan ujian oranglain yang bahkan lebih sulit dari semua yang diujikan kepada kita.

Tidak ada orang sabar yang tidak pernah belajar dari hidup oranglain, tidak ada orang yang teguh dan kuat hatinya yang tidak belajar dari hidup oranglain. justru pengajaran yang mudah itu adalah saat kita bercermin dengan hidup oranglain. karena faktanya kita tidak bisa bercermin dengan diri sendiri, bahkan untuk melihat sesuatu hal yang besar pada diri kita sendiri saja tidak bisa karena kita justru cenderung melihat kekurangan – kekurangan kita dan dibandingkan dengan hidup oranglain. berhenti untuk itu dan mulailah membangun pemikiran yang baru. Karena boleh jadi oranglain juga belajar dari hidup kita.

Advertisement

Percayalah, tidak ada yang bisa mengalahkan rasa sabar, selemah apapun fisik seseorang semiskin apapun dia, sekali dihatinya punya rasa sabar siapapun tidak bisa menyakitinya. bahkan dunia sekalipun. Tidak bisa.

Pupuklah dia hingga ia tumbuh subur dan menetap dihati kita sampai akar – akarnya menjalar keseluruh tubuh kita dan menjadikan kita semakin kuat. sungguh semua adalah sementara tak ada yang abadi.