Bagi kamu yang saat ini sedang bekerja, tentunya menginginkan setiap waktunya untuk tetap produktif. Kebanyakan para pekerja menggunakan waktunya untuk bekerja dengan giat seharian sehingga menyebabkan kelelahan dan kurang tidur. Padahal, setiap orang memerlukan waktu tidur yang cukup. Saat seseorang memasuki umur 18-25 tahun dikategorikan sebagai “dewasa muda” dan umur 26-64 tahun masuk dalam kategori “dewasa”, memerlukan waktu tidur selama 7-9 jam perhari.

Sebaiknya setelah jam makan siang, cobalah membiasakan diri untuk tidur sebentar sampai sekitar 30 menit, tetapi jika pada waktu-waktu lain dan merasa melah, dapat juga untuk mengambil waktu sejenak dengan hanya 5 menit. Hal ini dikarenakan selama tidur, yang paling penting adalah beristirahat dalam posisi relaks. Mungkin setiap kita pasti bertanya-tanya, bagaimana mungkin dapat menghilangkan rasa lelah hanya dalam waktu sekitar kurang lebih 30 menit atau bahkan hanya 5 menit saja? Ini yang disebut dengan power nap. Power nap ini berhasil untuk memulihkan tenaga, karena istirahat singkat mengizinkan tubuh menyeimbangkan diri atau disebut homeostasis. Istirahat dan tidur akan mengembalikan fungsi-fungsi seluruh tubuh yang sudah lemah, seperti misalnya aliran darah, aliran getah bening, sistem saraf, dan sekresi internal agar kembali normal.

Saat dalam keadaan terbangun dan aktif, artinya tubuh menggunakan semakin banyak enzim. Oleh karena itu jika beristirahat dalam posisi yang relaks, berbagai fungsi tubuh juga beristirahat selama saat itu, dan enzim tidak digunakan untuk beraktivitas maupun bergerak. Enzim-enzim pun bebas untuk bekerja di area-area yang kelelahan untuk membantu mengisi tenaga dan mengembalikan homeostasis. Jika beristirahat 5 menit saja saat merasa mengantuk atau lelah, hal ini akan membuat tubuh lebih cepat pulih.

Jadi, pastikan untuk beristirahat sebentar di sela-sela jam kerjamu untuk menyeimbangkan tubuh kembali menjadi segar.