Kalian yang masih hidup dalam bayang-bayang ketakutan yang sebenarnya kalian ciptakan sendiri. Rasa takut kalian selama ini hanyalah sugesti rasa cemas yang terlalu berlebihan dari pikiran kalian sendiri.

Ketakutan kalian tidaklah nyata, itu hanyalah sugesti yang mencegah kalian untuk mau mencoba.

Contohnya apakah kalian masih takut dengan hantu, makhluk gaib yang sebenarnya belum pernah kalian lihat? Itu Freak sekali! Itu sama halnya kalian takut pada sesuatu yang sebenarnya tidak pernah ada. Sama dengan ketakutan kalian selama ini. Kalian di takuti oleh pikiran kalian sendiri.

Jangan pernah hidup dalam rasa takutmu yang sebenarnya hanyalah hasil dari sugesti pikiranmu yang terlalu cemas untuk mencoba dan mengusahakan hal baru.

Hiduplah dalam kenyataan, jangan sampai kamu dikalahkan oleh rasa takutmu sendiri. Rasa takutmu yang hanyalah ILUSI. Tidak nyata. Fake!

Advertisement

Lalu bagaimana cara agar bebas dari ilusi rasa takut itu?

Sudah menemukan penyebabnya kan? Bahwa rasa takutmu selama ini hanyalah hasil dari kecemasan alam bawah sadarmu sendiri.

Jadi, cara untuk bebas tanpa rasa takut adalah hilangkan kecemasan yang terlalu berlebihan itu. Kalahkan rasa cemasmu itu. Kecemasan yang hanya akan menghambat dan mencegahmu untuk berani mengambil resiko.

Rasa cemas mu hanya akan menghalangimu untuk melakukan sesuatu dan kamu hanya akan bertahan pada ketakutanmu dan berfokus pada pencegahan.

Cara terbaik untuk menghilangkan kecemasan dan ketakutan mu selama ini adalah dengan berani mencoba dan melakukan satu hal baru setiap harinya. Dengan keberanian mu untuk mencoba itulah yang membuat mu perlahan menghilangkan kecemasan mu selama ini.

Kamu tidak akan pernah mendapatkan apa-apa dari rasa cemasmu itu. Yang kamu butuhkan adalah nyali. Nyali untuk berani mencoba dan mengambil resiko.

Kembalilah ke kehidupan nyata. Semua perjuangan mengandung resiko. Tapi jika kita sudah dikalahkan rasa cemas itu maka kita tidak akan pernah belajar dari kesalahan, karena kita sudah takut dengan resiko.

Saat kamu berusaha berkenalan dengan wanita, resikonya adalah penolakan. Tapi ketika kamu sudah tidak memikirkan resiko tersebut, you just do it!

Kamu akan langsung saja mengajaknya berkenalan. Maka saat itu kamu sudah mengalahkan rasa cemasmu, tapi jika yang terjadi sebaliknya, kamu masih takut mengajak wanita kenalan karena kamu terlalu banyak berpikir dan takut ditolak, kamu masih hidup dalam ilusi mu man. Ilusi rasa cemasmu.

Bahkan saat kamu sudah mendapatkan kebahagiaan tapi kamu masih saja hidup dalam ilusi kecemasan, kamu tidak akan bisa menikmati kebahagiaanmu itu. Karena kamu masih takut, takut kehilangan semua kebahagiaan mu itu.

Ingat ini “Pikiran mempengaruhi kenyataan” dan ketika kamu berfikir kamu akan kehilangan kebahagiaan yang kamu dapatkan itu, sesungguhnya kamu hanya sedang mempercepat proses kehilanganmu itu.

Masalah utama dari semua penderitaan, kegagalan, kehancuran dan kesengsaraan mu adalah sugesti rasa cemasmu itu.

Kalau kamu adalah orang yang masih hidup dalam ilusi, maka kamu hanya akan terus hidup dengan kecemasan yang kamu buat sendiri.

Tapi kalau kamu sudah hidup dalam fakta, maka kamu tidak akan merasakan kecemasan saat kenyataannya emang gak ada bahaya apa-apa di depan mu.

Kamu akan benar-benar bebas dari rasa cemas dan ketakutan mu.

Kamu akan benar-benar bebas melakukan apapun yang kamu inginkan.

Kamu akan bebas dengan penuh keberanian mengambil semua resiko penolakan dan kegagalan dari apa yang sudah kamu usahakan. Bukan lagi ditakut-takuti bayang-bayang kegagalan yang tidak nyata.

Lebih baik menanggung resiko gagal atas apa yang sudah kita usahakan, daripada takut gagal untuk apa yang belum kita usahakan.

Cara terbaik untuk menghilangkan kecemasan dan menimbulkan keberanian adalah dengan menyadari bahwa kita itu tidak punya apa-apa.

Semua yang kita miliki sekarang, jabatan, pendidikan, status, kemewahan adalah Pinjaman Tuhan. Pinjaman itu akan berakhir saat kontrak hidup kita di dunia sudah habis. Alias mati.

So, saat kamu sudah punya pikiran bahwa kamu tidak memiliki apapun, maka kamu tidak akan takut untuk kehilangan apapun.

Dan saat kamu sudah sadar bahwa kamu tidak akan kehilangan apapun, maka saat itu juga kamu akan melakukan apapun tanpa rasa takut dan terus melakukan semua hal yang ingin kamu lakukan dengan penuh keberanian menerima semua resikonya.

Awal dari keberanianmu adalah saat kamu menyadari bahwa kamu tidak punya apa-apa. Semua ego, status, jabatan, pencapaian, dan prestasi yang kamu miliki selama ini hanya akan membebani hidupmu.

Hiduplah dalam kenyataan, bukan dalam ilusimu.

Ketakutan hanyalah Ilusi.

Saat kamu menyadari kamu tidak punya apa-apa, kamu akan bebas dari rasa takutmu.