Anda sedang mencari peluang usaha yang tepat tapi terlalu takut untuk melangkah? Berbisnis memang tidak mudah, tapi akan lebih mudah apabila ada niat dan mental yang kuat. Jatuh bangun itu sudah biasa, tapi melepaskan pekerjaan kantoran demi berwirausaha rasanya sangatlah berat.

Beberapa tahun yang lalu bisnis online tidak semarak saat ini, dan perilaku konsumtif yang pada zaman dulu tak pernah hilang, beralih ke dunia digital. Setiap hari ada beribu paket dikirimkan dari satu kota ke berbagai kota lainnya secara signifikan. Bisnis online terus berkembang dengan fitur menarik seiring berkembangnya zaman yang sudah tanpa batas. Anda tidak tertarik menghitung omset yang didapat tiap harinya?

Keuntungan berbisnis online antara lain tidak memakai banyak modal, jangkauan pasar yang tak terbatas, waktu akses juga tak terbatas dan tentunya mudah dijalankan serta keuntungan yang menjanjikan. Untuk itu bila Anda pintar mencari celah di dunia yang semakin serba cepat ini, maka sudah saatnya Anda berbisnis online, caranya? Berikut ini 4 contoh bisnis online yang bisa kamu lakukan.

Membuat blog, adalah salah satu cara berbisnis

Dengan membuat blog, Anda bisa menuangkan tulisan mengenai produk yang akan Anda jual, tips seputar produk, dan arahkan pada galeri produk yang Anda jual. Ini adalah cara yang paling umum digunakan. Dengan layanan akses nonstop, disertai keyword yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Blog yang biasa dipakai diantaranya; WordPress, Blogspot, Detik ataupun Multiply.

Advertisement

Social media

Di media sosial atau jejaring sosial ini, para penggunanya dapat berpartisipasi dengan mudah tanpa batas, berbagi foto, gambar serta video dan tentunya terjangkau segala umur. Jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dan lain-lain. Anda cukup membuat galeri produk dengan menyertakan deskripsi, kemudian bagikan. Fokuslah pada beberapa jejaring sosial semisal Facebook atau Instagram.

Youtuber

Dengan makin gampangnya akses internet, makin banyak orang menjadi Youtuber. Masyarakat yang cenderung menyukai menonton visual daripada membaca, menjadikan Youtuber sebagai lahan bisnis. Menjadi Youtuber atau juga bisa disebut Vlogger, dapat dijadikan referensi, bagi Anda yang hobi fotografi atau sekedar edit video. Anda juga bisa mencoba membuat tutorial, atau sekedar tips. Semakin kreatif Anda mengemas produk Anda, semakin banyak viewers yang melihat produk Anda. Jangan lupa juga cantumkan link blog Anda atau sosial media yang dipakai display produk Anda.

Dropship

Dropshipping adalah metode pengiriman barang yang dipesan oleh penjual tanpa menyimpan stok barang kepada supplier, kemudian langsung mengirimnya ke pelanggan dengan mengatasnamakan penjual. Penjual juga bisa disebut dropshiper.

Bila Anda belum menentukan produk. Anda bisa mencoba dropship supplier. Tidak banyak modal yang dikeluarkan, tidak usah stok barang dan barang langsung dikirimkan ke pelanggan. Wah, Anda makin tertarik bukan?

 

Berwirausaha tidak terlalu sulit bukan? Hanya dengan niatan Anda pasti bisa!

Wirausaha saat ini memang sedang digandrungi anak muda kreatif, dengan perkembangan zaman yang merubah paradigma yang sebelumnya terbangun. Jadilah orang pertama yang sadar akan hal ini!