Sepertinya masih banyak ARMY yang tidak tau makna dari lagu tersebut. Wajar sih karena tidak seperti lagu lain, Lirik di lagu "Rain" bersifat tersirat bukan tersurat. Jadi, apa makna dibalik lagu ini?

Dimulai dari Rapmon yang menceritakan tentang dia yang lelah karena sudah semalaman bekerja, menciptakan lagu untuk kelompoknya walaupun lagu itu belum selesai.

"Aku bangun saat di luar mulai terang". Sepakatlah dengan saya bahwa lirik ini menunjukkan jika Rap Monster bangun siang karena dia sepanjang malam tidak tidur. Kenapa??

"Aku menyisir rambutku ke belakang dengan tanganku yang kelelahan". Tangannya kelelahan? Ini bisa diasumsikan jika dia bekerja menggunakan tangannya. Untuk apa? Tentu saja untuk menciptakan lagu. Ingat, Rap Monster adalah composer.

Sayangnya, lagu tersebut masih belum selesai. Terbukti dengan lirik:
"Ada memo dari kemarin, mengingatkanku tentang lagu yang belum terselesaikan
Aku akan menyelesaikannya hari ini, pikirku sambil perlahan menutup mata, mengambil nafas panjang
Alasan apa yang bisa kuberikan? Aku mencoba membuat sesuatu
Aku belum menyelesaikannya, jadi aku akan membuat apapun".

Advertisement

Detik berikutnya, Rap Monster galau. Bisa juga terbawa suasana mendung. Biasanya orang akan mudah menjadi 'tenang' saat suasana mendung, kan?

Perhatikan lirik:
Pandanganku mengarah ke jendela, dan semuanya terlihat kelabu
Kota kelabu, bangunan kelabu, jalanan kelabu, hujan kelabu

Dari lirik "Seakan segalanya di dunia ini melambat" ini mencerminkan jika 'dia' memikirkan sesuatu. Mungkin perkerjaannya, kelompoknya, keluarganya, atau orang-orang yang mencintainya (ARMY)?

"Adikku, yang baru saja terbangun, terus membangkang padaku". Nah, kalau ini sih Namjoon lagi curhat ke kamu. Ingatlah fakta kalau Namjoon yang masuk ke katagori "kakak yang jarang akur dengan adiknya".

Masih dalam suasana galau. Dalam lirik:
"Selagi aku berulangkali membuka-tutup pintu kulkas yang tidak bersalah
Kekosongan yang tak terucapkan menyelimutiku"
Disana ada kata "pintu kulkas". Kenapa harus "Kulkas" padahal diluar akan segera hujan dan pasti udaranya dingin? Ini mungkin berarti, 'kulkas' itu menggambarkan bahwa dia ingin mendinginkan hatinya "Pintu kulkas yang tidak bersalah".

"Aku rasa lebih baik aku pergi keluar. Tanpa membawa payung". 'Dia' pergi keluar saat hari akan hujan tapi gak bawa payung? Mungkin dia pikir 'payung' tidak berguna untuk saat ini. Bisa juga dia memang ingin hujan-hujanan untuk menghapus kagalauannya.

Perhatikan lirik:
Aku bisa mendengarnya dengan jelas, suara rintik hujan saat menyentuh bumi
Aku tersenyum, itu adalah background musik yang terbaik
Seperti orang gila, aku mulai bersenandung

Rap Monster menggangap musik terbaik adalah suara hujan. Bisa juga dia mencari inspirasi untuk lagunya yang belum selesai dari hujan.

Dia begitu menikmati hujan sampai dia lupa waktu. Perhatikan lirik "Aku bertanya-tanya jam berapakah ini?".