Bumi telah memberikan kekayaannya untuk manusia, tapi manusia tidak memberikan imbal balik yang semestinya, sebagai generasi muda ayok kita tunjukkan bahwa kita peduli pada bumi! Jika kita belum sanggup membuat kebijakan-kebijakan yang selayaknya, kita bisa mulai dari hal-hal kecil.

1. Cintai bumi kita, tumbuhkan secara perlahan rasa cinta itu, jika rasa cinta sudah muncul maka sejatinya kita akan selalu menjaganya, merawatnya dan tidak akan menyakitinya.

2. Perwujudan cinta itu bisa kita maknai dengan membuang sampah sesuai jenisnya, melakukan 5R, menanam pohon, efisiensi energi, dsb.

3. Hal yang tidak asing bagi mahasiswa yaitu adanya gerakan aksi untuk memperingati hari bumi. Tujuannya supaya orang-orang yang awalnya tidak tahu hari bumi akan sadar bahwa hari ini adalah hari bumi, untuk menyadarkan orang-orang bahwa bumi kita perlu dijaga.

4. Jika belum bisa melaksanakan ketiga poin di atas, bisa kita maknai hari bumi dengan membuat tulisan sederhana yang menginspirasi, jika orang lain membacanya akan mengubah pikiran mereka tentang pentingnya menjaga bumi kita. Jika sebuah opini terlalu berat setidaknya kita sadar bahwa apa yang diberikan bumi tidak sebanding dengan penghargaan kita untuk bumi

Advertisement

5. Apabila manusia memang berhati batu, jika belum bisa memberikan kontribusi untuk bumi setidaknya jangan merusak bagian-bagian dari bumi.

Jika bumi bisa bercerita mungkin ia lelah merasakan berjuta-juta tahun dirusak manusia, padahal selama ini bumi telah menyumbangkan seluruh isinya untuk kehidupan manusia. "Aku tidak akan marah jika kalian (manusia) memperlakukan aku sebagaimana mestinya"

Selamat Hari Bumi

22 April 2016