1. Berhentilah meluangkan waktumu dengan orang-orang yang tidak tepat

Pikirkanlah bahwa hidup ini terlalu singkat untuk meluangkan waktu dengan orang-orang yang hanya menghisap semua kebahagianmu. Jika seseorang benar-benar menginginkanmu di kehidupannya dia akan membuat ruang untukmu dan kamu tidak perlu berjuang untuk terlihat sempurna didepannya. Jangan pernah bersikeras menyiksa dirimu untuk mendapatkan tempat bersama orang-orang yang bahkan tidak bisa menghargaimu.

Ingatlah bahwa seorang teman sejati bukanlah mereka yang berdiri disampingmu saat kamu berada pada saat-saat yang baik tapi mereka berdiri di sampingmu saat kamu melewati saat-saat yang buruk.

2. Berhentilah untuk terus berlari dari masalahmu. Hadapi semua itu dengan kepala tegak!

Tapi masalah saya tidak semudah itu "ya, semua itu akan terasa sulit dan sakit". Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang sanggup bertahan terhadap lembaran batu yang terus-menerus di arahkan padanya. Ingatlah bahwa kita tidak di ciptakan untuk bisa mengatasi masalah secara instan. Rasa marah, stress, frustasi, kegagalan dan tangisan akan tetap ada karena begitulah kita dipersiapkan untuk menghadapi setiap masalah, mempelajarinya dan menyelesaikannya. Karena semua itu adalah cetakan untuk membentuk jati diri kita.

Advertisement

3. Berhentilah meletakkan kepentingan dirimu sendiri dibelakang

Hal yang paling menyakitkan adalah saat kamu kehilangan dirimu sendiri pada proses kamu sedang mencintai seseorang dengan begitu besar dan melupakan bahwa dirimu juga spesial. Memang kita harus menolong orang lain tapi jangan lupa bahwa kita pun harus membantu diri kita sendiri. Jika ada saat yang tepat untuk menggapai cita-citamu dan melakukan hal-hal yang berguna untuk dirimu sendiri. Inilah saatnya!

4. Berhentilah untuk menjadi seseorang yang bukan dirimu

Salah satu tantangan yang paling besar dalam hidup adalah menjadi dirimu sendiri di tengah-tengah dunia yang memaksamu menjadi orang lain. Seseorang mungkin saja mempunyai wajah yang rupawan, harta yang banyak,otak yang cerdas dan kehidupan yang lebih baik, tapi mereka tidak akan pernah bisa menjadi dirimu! Karena kamu spesia, jangan pernah berpura-pura menjadi orang yang bukan dirimu hanya supaya orang lain menyukaimu.

Jadilah dirimu sendiri dan lihatlah bahwa orang-orang yang tepat akan mencintaimu dirimu yang sebenarnya.

5. Berhentilah untuk menoleh kebelakang

Kamu bisa melanjutkan membaca kisah hidupmu hanya dengan cara membuka halaman berikutnya, bukan dengan cara membuka halaman sebelumnya. Jadi berhentilah untuk menoleh kebelakang karena semua itu hanya menghabiskan waktumu yang seharusnya kamu gunakan untuk mempersiapkan hal-hal yang baik untuk hidupmu ke depan

6. Berhentilah menyalahkan dirimu untuk kesalah-kesalahan yang telah kamu buat

Kita mungkin telah mencintai orang yang salah dan menangis karena penyesalan. Tapi satu hal yang pasti setiap kesalahan itu akan mengajari kita untuk menemukan orang yang tepat untuk kita cintai dan pilihan yang seharusnya kita ambil.

Kita semua berbuat kesalahan, dan menyesali kehidupan yang telah berlalu. Tapi kita bukanlah kesalahan itu! Kita bukanlah Penyesalan itu! Kita adalah yang ada saat ini! Yang mempunyai kekuatan untuk memperbaiki dan membuat hidup ini lebih baik. Setiap hal yang terjadi dalam hidupmu bertujuan untuk mempersiapkanmu menghadapi saat-saat yang akan segera datang.

7. Berhentilah memfokuskan dirimu terhadap sesuatu yang kamu takutkan terjadi

Fokuslah terhadap sesuatu yang kamu inginkan terjadi, setiap pikiran yang postif akan membawa pada hal yang positif pula. Jika kamu bangun pada pagi hari dengan pemikiran akan sesuatu yang indah untuk terjadi dalam kehidupanmu dan kamu berusaha untuk itu, percayalah bahwa kamu benar-benar akan mendapatkan

8. Berhentilah membiarkan orang lain membawamu turun ke level mereka

Jangan mengikuti seseorang jika memang benar dia hanya membawamu pada suatu level yang tidak seharusnya kamu berada, disini bukanlah kita melakukan suatu kesombongan tetapi ketegasan untuk menolak, atau bahkan lebih baik lagi jika kamu mengangkat seseorang dari bawah keatas, Percayalah kamu mempunyai kemampuan untuk itu.

9. Berhentilah Hidup dalam kebencian

“Janganlah terus berjalan disaat kamu merasa ada kerikil yang mengganjal di dalam sepatumu, tanggalkanlah dulu sepatumu untuk mengeluarkan kerikil itu baru setelah itu kamu melanjutkan perjalananmu”

Jangan hidup dengan kebencian atau dendam dalam dirimu karena pada akhirnya akan menyakiti dirimu sendiri lebih daripada orang yang kamu benci.

Pengampunan bukanlah seperti "aku tidak peduli apa yang telah kau lakukan padaku", tetapi

"Aku telah melupakan apa yang kau lakukan kepadaku dan aku tidak akan pernah membiarkanmu untuk menghancurkan hidupku lagi"

Memafkan adalah jawabannya. Pergi dan carilah kedamaian untuk hatimu, jangan lagi pikirkan apa yang telah seseorang lakukan padamu, dan lagi memafkan bukan hanya pada orang lain tapi juga pada dirimu sendiri. Forgive yourself ,move on and try to do better next time.

Ini hidupmu, tentukanlah setiap langkahnya, tetap percaya bahwa langit tak selamanya mendung akan datang saat dimana sinar mentari menemuimu di ujung jalan sana. Dan ketahuilah Tuhan selalu ada disetiap langkahmu.