Sebagai salah satu pecinta fashion kita tentu sudah nggak asing lagi dengan cadar. Apalagi semenjak munculnya film “ Ayat-Ayat Cinta” yang mana di situ terdapat pemeran wanita bernama Aisyah dan memakai cadar. Kita tentu cukup paham dengan novel yang kita baca jika memang kita pecinta buku.

Hanya saja saat ini yang sering terjadi adalah kita nyinyir dan sewot ketika melihat ada teman kita memakai cadar. Apalagi dengan pakaian yang serba hitam. Kita pasti akan mencibirnya, kita menganggapnya alay dengan pakaian yang dia kenakan. Kita sewot dan menyindirnya di sosmed dengan status “ lo kata ini Arab apa pake cadar!” atau bahkan kita berteriak memanggilnya dengan ninja.

Situasi yang sangat lucu bukan? Jika memang kita mengaku sebagai orang yang memiliki agama maka kenapa kita harus sewot dengan apa yang dia pakai. Apalagi jika dia memakai cadar atas landasan agama. Jika memang kita termasuk dalam kategori open minded kenapa kita harus sewot dengan mengatakan bahwa ini Indonesia dan nggak usah sok Arab dengan memakai cadar. Apalagi jika kamu termasuk orang yang mendapatkan julukan fashionista dan kamu bilang dia yang memakai cadar itu alay dan ribet. Lucu sekali, sangat lucu.

Jika dia yang bercadar saja nggak pernah pusing dengan hot pants yang kita pakai yang mana kita sama-sama paham pemandangan satu ini cukup bikin cowok gagal fokus, belum lagi kita yang pakai baju tanpa lengan dan terlihat seksi dia nggak pernah bilang kalau kita ke sok barat. Lalu siapa disini yang lebih open minded? Siapa yang lebih paham fashion?

Tentu saja kita yang sewot dan nyinyir dengan dia yang memakai cadar adalah orang alay bin ajaib superkepedean. Harusnya kita nggak perlu sewot dan nyinyir. Dia memakai cadar nggak minta uang kita untuk membelinya. Kalaupun dia terlihat kerepotan ketika makan, itu urusannya dia. Ayolah kita hargai pilihan masing-masing.

Advertisement

Nggak perlu kita berdebat dengan dalil agama. Kalau memang nggak suka ya sudah nggak perlu dilihat. Kalau fotonya masih seliweran di fb, tinggal unfollow aja. Dia yang memakai cadar juga punya perasaan. Sama seperti kita, sudah seharusnya kita saling menjaga perasaan orang lain. Nggak perlu sok kecakepan dengan apa yang kita pakai. Dan nggak usah juga ngejudge orang dari apa yang dipakai.

Be smart!

Bukan apa yang kita pakai yang menampilkan kepribadian kita. Tetapi apa yang kamu lakukan dan katakan itu jauh lebih jelas menunjukkan kualitas diri kita.