"You know you’re in love with the right person when falling in love with him turns you into the best version of yourself"

Begitulah salah satu kalimat yang pernah saya baca dalam buku Ika Natassa yang berjudul Twivortiare 2. Terkadang kita sendiri sering bertanya di dalam hati, siapa sebenarnya orang yang tepat untuk kita? Apakah orang tersebut adalah orang yang sesuai dengan kriteria kita? ataukah dia orang yang selalu bersama kita? atau dia orang yang selalu dapat kita andalkan?

Pada dasarnya, jawaban mengenai orang yang tepat untuk kita sangatlah beragam, bergantung pada individu masing-masing. Namun, seringkali kita rancu antara orang baik dan orang tepat. Orang baik tentunya akan membawa kita pada kebaikan sedangkan orang tepat bukan sekedar membawa kita pada kebaikan, namun mampu menampilkan sisi terbaik dari kita.

Berikut 4 tanda jika dia memang seseorang yang tepat untukmu:

1. Dia tidak selalu sejalan denganmu, terkadang dia membuatmu kembali berpikir atas perilakumu.

Advertisement

Orang yang tepat untukmu bukanlah orang yang selalu membenarkan setiap hal yang kamu lakukan. Dia adalah orang yang mampu memberitahumu ketika kamu berbuat salah. Dia adalah orang yang tahu betul bahwa tindakan tidak tepat yang kamu lakukan terkadang dapat membawa akibat bagi orang lain. Meskipun terkadang perkataanya atau penyampaiannya tidak selalu sesuai yang kamu harapkan, tetapi percayalah, dia hanya ingin kamu menjadi pribadi yang lebih bijak dalam menentukan langkah.

2. Dia bukan hanya sekedar mengenalmu, namun dia mengetahui potensi dalam dirimu dan membantumu mengasahnya.

Kebanyakan orang hanya mengenal namamu, sebagian dari mereka akan mengetahui mengenai keluargamu, teman-temanmu, dan hobimu. Namun si orang yang tepat ini, akan mengetahui potensi terbaik dari dirimu. Kita mengetahui setiap orang mempunyai bakat yang terpendam dalam dirinya. Beruntunglah bagi mereka yang sudah menemukan dan segera mengasahnya, namun beberapa diantara kita terkadang masih bingung apa yang menjadi bakat kita.

Orang yang tepat akan membantumu menemukan potensimu dan selalu mendukungmu. Dia tak hanya mampu melihat apa yang orang lain tidak lihat, namun dia mampu membuatmu menemukan kepercayaan dirimu untuk menjadi sisi terbaik lewat kelebihan yang Tuhan titipkan pada-Mu.

3. Dia tidak selalu mengulurkan tangan untukmu, dia membuatmu menjadi orang yang mandiri.

Roda kehidupan yang berjalan, membuat hidup kita tidak selalu berada di atas. Terkadang kita harus di bawah dan merasakan kesedihan. Teman yang peduli akan datang dan bertanya, sahabat akan mendengarkanmu dan menguatkan, lalu apa yang akan "orang tepat" lakukan? Dia adalah yang berada disisimu dan mendengarmu. Dia terkadang hanya duduk dan mendengarkan, karena dia tahu bahwa kamu hanya butuh didengarkan. Dia bukan orang sok tahu yang akan menasehatimu.

Namun ketika kamu meminta saran padanya, maka dia akan menjelaskan sudut pandangnya dan membiarkanmu melihat dari jendela berpikir orang lain. Dia akan mengajakmu untuk melihat dari berbagai sisi. Dia tahu dia dapat menunjukkan cara untuk mengatasi masalah atau memaksamu menggunakan caranya, namun tidak. Dia hanya akan menunjukkan "jalan" untuk menyelesaikannya dan membiarkanmu menjadi orang mandiri yang dapat membuat keputusan sendiri. Karena dia sadar, ini hidupmu, dan itu semua pilihanmu.

4. Dia tak selalu sesuai dengan kriteriamu, tetapi dia adalah orang yang kamu butuhkan.

Dia mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan orang yang selama ini kamu inginkan, namun dia adalah orang yang kamu butuhkan. Dia selalu mampu membuatmu menjadi dirimu sendiri. Dia yang selalu tahu apa yang harus dia lakukan terhadapmu, karena dia mampu memahamimu. Bukan hanya sekedar mengenalmu atau dekat denganmu. Tanpa kamu mengatakan, dia akan memahami dengan benar apa yang kamu inginkan. Oleh karena itu, kehadirannya saja selalu membuatmu merasa nyaman.

"Indeed, your presence comfort me"

Begitulah dia si orang yang tepat, dia akan membawamu pada sisi-sisi terbaikmu yang mungkin kamu sendiri tidak menyadari. Sudahkah kamu menemukannya?