Semua orang di dunia ini pasti memiliki dua sisi yang berbeda. Sisi pertama adalah sisi yang dia tunjukan saat di depan orang dan sisi kedua adalah sisi yang dia tunjukan saat di belakang orang maupun saat dia sedang sendirian. Saat di depan orang, ada sebagian yang menunjukan sisi baiknya karena ingin dinilai “baik”, ada juga yang menunjukan sisi yang sebenar-benarnya. Namun, sekarang ini kebanyakan orang menunjukan sisi baiknya karena ingin dinilai “baik”.

Sama halnya ketika ada orang yang selalu baik dengan kita, selalu menolong kita, selalu terlihat ceria. Bahkan kita berpikir bahwa dalam hidupnya tidak memiliki masalah sama sekali.  Pendapat kalian itu salah, justru orang yang selalu berbuat baik, selalu menolong orang, bahkan selalu ceria terkadang adalah orang yang memiliki banyak masalah dalam hidupnya. Hal itu dia lakukan karena saat ada masalah yang sedang dia hadapi, tidak ada seorang pun yang dapat membantunya, atau juga karena dia tidak ingin merepotkan orang lain.

Kalian pasti heran kan? Bagaimana caranya dia bisa seperti itu? Padahal dia sedang mempunyai masalah dalam hidupnya. Mungkin karena dia tidak ingin orang lain merasakan hal yang sama dengan apa  yang dia rasakan. Dia tahu betapa susahnya menghadapi masalah sendirian, sehingga dia berusaha untuk menolong orang yang sedang dala masalah. Oleh karena itu, kalian seharusnya jangan mengira bahwa dia tidak mempunyai masalah. Sehingga kalian tidak pernah menanyakan tentang keadaan atau tentang apa yang sedang dia alami.

Sesekali cobalah kalian tanyakan padanya apa dia sedang menghadapi suatu masalah dan coba kalian tawarkan bantuan untuknya. Jika dia benar-benar tidak memiliki masalah, itu artinya dia dapat mengatasi masalah dengan sendirinya.

Kesimpulannya, jadilah seseorang yang seperti dia. Selalu menolong orang, selalu berbuat baik kepada siapapun, dan selalu ceria bahkan saat ada masalah.