Belakangan ini kata “mimpi” menjadi sangat populer. Mulai dari “wujudkan mimpimu”, “jadilah pemimpi” dan quotes-quotes terkenal lainnya tentang mimpi.

Tapi tahukah kamu, apa arti kata mimpi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mimpi adalah sesuatu yang terlihat atau dialami saat tidur, angan-angan. Bermimpi artinya melihat sesuatu di mimpi, berkhayal, berangan yang bukan-bukan. Impian artinya apa yang dialami di mimpi, cita-cita yang mustahil atau susah dicapai.

Berdasarkan pengertian tersebut maka hal yang wajar ketika mimpi tidak tercapai umumnya dalam diri kita akan berkata “Gak masalah kalau gagal, toh itu cuma mimpi”. Kebiasaaan inilah yang tanpa sadar bisa membuat kita jadi pribadi yang mudah menyerah. kita pasti sering melihat atau bahkan mengalami menjadi seorang pemimpi bermulut besar namun tak ada yang diwujudkan.

Beberapa kisah sukses yang menyerukan kita untuk selalu bermimpi tidak salah, karena mereka ingin memotivasi kita untuk tidak takut bermimpi. Tapi akan lebih baik lagi bila ada yang mengajak untuk menentukan tujuan besar yang akan dicapai, terlebih dengan deadline. Sehingga kita tidak hanya akan menjadi pemimpi bodoh yang tak berbuat apapun.

Advertisement

Lalu bagaimana solusinya?

Mimpi akan terwujud bila ada tujuan disertai tindakan nyata.

Ubahlah mimpi menjadi tujuan, jangan hanya memikirkan mimpimu tapi orientasikan tujuan yang akan kamu capai dan lakukan!

Menurut KBBI, tujuan adalah arah, haluan, yang dituju, sasaran yang ingin atau akan dicapai. Bertujuan artinya berhaluan, memiliki tujuan, ada yang dituju.

Bila kita memiliki tujuan maka apa yang kita lakukan menjadi lebih terarah karena ada yang akan dituju atau ada sasaran yang akan dicapai. Bila gagal mencapai tujuan, maka akan timbul keinginan untuk berusaha lebih agar apa yang ditargetkan/ menjadi tujuan itu bisa tercapai.

Tidak salah untuk bermimpi atau menjadi pemimpi, tapi semua akan lebih pasti bila ada tujuan. Semua berawal dari mimpi tapi akan berakhir sia-sia bila tak ada tujuan. Karena tujuan diusahakan, bukan sekedar diangankan.