Bahkan air yang mengalirpun punya tujuan, saat ia buntu jalannya tertahan ia akan terus mencari jalan sampai tiba di tujuan tanpa menyakiti tanpa menyingkirkan..
Ia nerembes disela – sela bebatuan meski dengan aliran yang kecil namun ia Tahu hal yang kecil akan membawa nya untuk hal yang lebih besar..

Hari ini mungkin kita mengeluh kenapa kita tidak bisa melakukan hal-hal yg kita inginkan, merasa hidup terbatas penuh aturan dan larangan. Hari ini mungkin kita juga mengeluh mengapa orang-orang begitu sibuk mengatur kita sekarang untuk melakukan ini itu, seolah mereka tak senang melihat kita bahagia dengan kehidupan kita sendiri. Hari ini mungkin kita juga mengeluh, kenapa kita tidak bisa seperti mereka yang bebas melangkah tanpa batas.

Coba sejenak kita renungkan, bukankah kita hidup sebagai manusia yang beragama?

Sebagai manusia dengan banyak lingkaran yang peduli pada hidup kita? Meskipun kita bisa melakukan apa saja yang kita mau tanpa mereka kita bukan apa-apa. Jika 1 rencana terhalang, Engkau masih punya pilihan untuk mengambil rencana B, Jika iapun gagal maka Engkau bisa mengambil rencana yg C begitupun selanjutnya. Karena Engkau pasti tidak akan pernah kehabisan dengan rencana.

Kita boleh saja 'bebas' tapi tapi kita juga harus 'membebaskan' tanpa menyingkirkan dan tanpa menyakiti siapapun.