Lulus kuliah kemudian wisuda adalah sebuah kebanggan tersendiri. Kebanggaan yang membuat kita merasa sedikit lebih jumawa dan dalam hati bilang "ternyata aku bisa ya lulus dan wisuda" Sadar atau nggak, setelah semua ini terlewati ternyata ada beberapa tantangan yang sudah siap untuk kamu hadapi. Beberapa mungkin sudah mempersiapkan diri untuk bisa survive, kemudian memilih pilihan dari sekian banyak pilihan yang ditawarkan lalu sebagiannya lagi memilih untuk mengandalkan keberuntungan yang berujung pada "yang penting kerja dulu deh, nggak peduli mau kerja di mana jugaHal seperti ini yang ujung-ujungnya menyesal ketika memilih suatu pekerjaan yang asal kerja saja dan hal seperti ini saya sempat saya rasakan.

Beberapa hal yang mendasar ketika kamu memutuskan untuk bekerja dan memilih bekerja di perusahaan besar atau berkembang yaitu:

Ketika kamu memutuskan untuk bekerja di perusahaan besar, misalnya perusahaan BUMN. Perusahaan yang akan membuatmu sedikit lebih bangga dengan gaji yang lumayan tinggi untuk kelas fresh graduate, tunjangan dan pekerjaan yang nggak akan menuntut banyak. Hal yang disebutkan tadi adalah pertimbangan bagi mereka yang memutuskan untuk berjuang mendapatkan pekerjaan ini.

Untuk sebagian orang yang menyukai tantangan, passion dan hal-hal baru untuk bisa mengembangkan diri masuk ke dunia kerja seperti startup atau perusahaan berkembang adalah pilihan yang terbaik untuk bisa mengeksplor semua potensi dalam diri. Di perusahaan berkembang kamu akan belajar banyak hal, tidak dalam satu bidang saja. Misalnya kamu seorang yang bekerja di divisi marketing, bisa saja kamu akan merangkap pekerjaan sebagai human resource.

Mereka yang memilih bekerja di perusahaan besar biasanya ada faktor yang mempengaruhi. Salah satunya faktornya adalah orangtua yang menginginkan anaknya mandiri secara financial. Selain itu, faktor lainnya adalah tidak terlalu menyukai tantangan dan cenderung menjauh, tapi ini hanya sebagian faktor yang mempengaruhi.

Advertisement

Mereka yang memutuskan bekerja di perusahaan berkembang adalah mereka yang gampang bosan dengan pekerjaan yang biasa saja atau monoton. Mereka cenderung mempunyai sesuatu untuk masa depan mereka seperti bekerja di startup hanya untuk belajar, kemudian mendirikan perusahaan.

Bekerja di startup atau perusahaan besar adalah pilihan. Semuanya punya kekurangan dan kelebihan, bekerja atau tidak juga pilihan. Yang terpenting adalah apapun yang akan kamu kerjakan adalah pilihan, dan setiap pilihan pasti ada konsekuensi yang akan ditanggung.

So, tentukan pilihanmu, guys!