Saat ini semua orang sangat sulit untuk tidak terhubung dengan internet. Bisa dibilang, saat ini internet bisa disejajarkan dengan sandang, pangan, dan papan. Bagi kita bukan hal yang aneh lagi, saat kita berpergian tak jarang yang kita cari adalah tempat dengan koneksi wifi yang super cepat, dengan begitu kamu bisa betah berlama-lama di tempat tersebut, sekalipun makanan atau menu yang tersedia tak begitu sedap untuk disantap.

Internet memang membuat semua hal menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Seolah kalimat "dunia berada di dalam genggaman" juga bukan menjadi hisapan jempol semata. Kehadiran Internet pun mejadikan kita lebih tau banyak hal lebih cepat dari sebelumnya. Berita dunia, semua isu sosial, tempat yang belum pernah kita tau, dengan mudah kita tau melalui akses internet.

Dan banyak hal yang sebenernya tidak begitu penting bisa menjadi sangat viral di dunia. Jika kita tarik ingatan kita di beberapa waktu lalu, banyak sekali hal-hal ringan yang justru menjadi meledak karena banyak orang yang melakukannya. Seperti mannequin challenge, ice bucket challenge, bus challenge, dan yang paling menghebohkan berita terbaru saat ini adalah jargon "om telolet om".

Lucunya hal-hal viral tersebut justru menjadi sebuah kesempatan bagi beberapa orang yang ingin memanfaatkan momentum itu untuk menginformasikan suatu hal. Sayangnya informasi yang disebarkan belum tentu bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Salah satunya salah satu platform informasi wikipedia juga dilanda demam "om telolet om". Dalam salah satu lamannya wikipedia menginformasikan tentang sejarah adanya fenomena "om telolet om" yang katanya berasal dari bahasa ethiopia, yang lebih mencengangkan lagi artinya menurut wikipedia saya yahudi. Dan hal tersebut belum tentu benar dan bukan hal yang tak mungkin menjadi pemicu sebuah perdebatan sengit antara beberapa pihak.

Sepintas jadi teringat fenomena belum lama ini yang mengatakan air mineral equil diduga minum keras hanya karena model botolnya yang terbuat dari kaca dan berwarna hijau seperti kebanyakan kemasan minuman keras yang sudah tersebar di masyarakat. Dan tak sedikit orang yang percaya akan berita yang disebarkan. Yang paling disayangkan mereka yang menyebarkan berita tersebut tidak mencari tau kebenaran akan berita tersebut.

Advertisement

Memang internet bisa memudahkan kita untuk mengetahui banyak hal, namun kita sebagai pengguna internet juga harus lebih pintar dengan informasi yang disebarkan. Menjadi pengguna internet yang bijak sepertinya lebih baik, dengan cara mengecek ulang kebenaran informasi yang kita dapatkan. Jangan mudah terprofokasi dan percaya dengan berita yang ada, karena tak semua informasi bisa dibuktikan kebenarannya.

Banyak hal yang menjadi pencapaian dunia. Semakin hari banyak hal yang ditawarkan, banyak kemudahan yang diberikan kepada kita. Sayangnya beberapa di antara kita tidak mengimbangi dengan pengetahuan yang lebih dan lebih memilih percaya begitu saja dan mengikuti arus pemberitaan yang disuguhkan.

Sebentar lagi 2017 sudah di depan mata, alangkah baiknya jika kita sambut dengan kemajuan diri kita dalam menyikapi berbagai macam fenomena yang ada, jangan hanya menjadi pengikut fenomena, tapi kita juga harus memastikan informasi yang kita terima perihal fenomena tersebut memang bisa dipertanggung jawabkan.