Globalisasi Permudah Masuknya Narkoba di Indonesia

Pada era globalisasi saat ini banyak hal yang berubah di berbagai negara, baik itu dalam hal yang sederhana sampai yang kompleks. Salah satu negara yang terpengaruh adalah Indonesia, sebagai negara berkembang Indonesia turut andil dalam proses globalisasi. Indonesia turut berperan sebagai konsumen dan penerima berbagai kebudayaan yang datang dari berbagai negara Barat. Banyak kebudayaan-kebudayaan Barat yang dengan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia, terutama oleh para remaja yang masih belum memahami betul mengenai bahaya negatif dari perubahan budaya yang ada. Remaja Indonesia memiliki kebiasaan menerima semua hal yang menurut mereka menarik dan berbeda. Mereka bahkan seringkali tidak memikirkan dampak-dampak yang timbul dari perbuatan yang mereka lakukan.

Salah satu tindakan yang sangat merusak moral masyarakat di Indonesia adalah mulai tersebarnya obat-obatan terlarang di berbagai kalangan di masyarakat Indonesia, terutama remaja. Para remaja yang memiliki rasa penasaran dan rasa ingin tahu tinggi akan hal-hal yang baru di lingkungannya. Hal yang menyebabkan mereka menjadi sangat mudah mengkonsumsi dan akhirnya menjadi pecandu adalah karena obat-obatan tersebut dapat dengan mudah didapatkan dari orang-orang disekitarnya. Banyak hal yang dilakukan oleh anak remaja yang telah kecanduan narkoba untuk mendapatkan barang haram tersebut. Bahkan, seringkali mereka akan mencuri dan berkelahi demi mempeoleh barang haram itu. Jika telah terpengaruh oleh obat-obatan terlarang, tentunya remaja akan semakin sulit mengendalikan dirinya dan mampu melakukan apapun keinginannya tanpa berpikir terlebih dahulu. Jika hal itu dilakukan dengan merugikan orang lain maka akan menghancurkan lingkungan masyarakat di daerah tersebut. Maka dari itu, diperluksan banyak pengarahan dari berbagai pihak yang mampu berpengaruh bagi perubahan remaja di Iondonesia. Salah satunya adalah keluarga, orang tua sebagai pembentuk kepribadian remaja yang pertama dan paling utama harus mampu membimbing anaknya agar mampu membedakan hal-hal yang boleh diterima dan hal-hal yang harus dihindari dari globalisasi., salah satunya adalah penyebaran narkoba dari negara-negara lain.

Saat masyarakat mampu melakukan penyaringan secara benar terhadap globalisasi, maka dampak-dampak negatif yang ada tidak akan timbul dan merusak moral dan akhlak anak bangsa. Maka dari itu, Indonesia harus menjadi negara yang mampu menghadapi era globalisasi dengan sikap yang baik dan benar.