Mantan adalah bagian masa lalu dari perjalanan panjang kehidupan yang sempat mengisi hari-hari bersama. Kehadiran mantan sendiri dalam fase hubungan yang sudah dimulai bersama dengan hati yang baru tak jarang menimbulkan berbagai permasalahan. Yah siapa sih yang nggak cemburu ngelihat pasangan kita masih berhubungan baik dengan mantannya.

Berbagai pikiran-pikiran negatif menyelimuti perasaan kita saat tahu pasangan masih menjaga hubungan baik dengan mantan. Berhubungan dengan mantan saat kita sudah memulai hubungan baru memang sesuatu yang sensitif. Ada baiknya sebelum marah karena cemburu yang berlebihan atau menuduh hal yang nggak jelas, lebih baik lakukanlah hal-hal berikut, untuk menyikapi jika pasanganmu masih berhubungan dengan mantannya.

1. Dengarkan Alasan

Selalu ada alasan dibalik sebuah tindakan. Pasti ada alasan mendasar yang membuat pasanganmu masih menjaga hubungan baik dengan mantannya. Jika alasan yang diberikan masuk akal dan dapat terima, nggak ada salahnya donk tetap menjaga hubungan baik sekalipun itu dengan mantan. Akan tetapi, jika pasanganmu nggak bisa memberikan alasan yang pasti. Mungkin saja ia belum move on dari mantannya, atau masih ada something yang belum diselesaikan diantara mereka.

Lantas jika seperti ini, berilah kepercayaan sepenuhnya untuk pasanganmu, jika kamu berubah menjadi posesif tentunya hal ini akan mempengaruhi hubungan yang saat ini kalian jalani. Karena dengan sikap yang posesif pasangan akan menjadi semakin terkekang dan tidak nyaman.

Advertisement

2. Semua ada Batasnya

Meskipun kamu memiliki kepercayaan sepenuhnya terhadap pasangan, tetaplah berikan batasan-batasan untuk pasanganmu dalam berhubungan dengan mantannya. Mintalah pasanganmu berteman dengan sewajarnya, misalnya jangan terlalu mesra, jangan terlalu dekat, apalagi sampai membahas hubungan kalian saat ini bersama mantan. Ingat yang harus dijaga perasaannya itu kamu bukan mantanmu

3. Kenali Mantan

Jika pasanganmu mengenalkanmu dengan mantannya, ini merupakan satu tanda bahwa mantanmu menjaga perasaanmu sebagai pasangannya saat ini. Namun jika pasanganmu tidak ada niat untuk mengenalkanmu dengan mantannya bukan berarti dia tidak menjaga perasaanmu ya, hal ini lebih kepada dia tidak ingin kamu masih memiliki pikiran negatif tentang hubungan mereka dimasa lalu.

4. Berikan Ketegasan

Hal ini memang berat pada praktiknya, memberikan ketegasan pada pasangan yang bersikukuh tetap berhubungan dengan mantannya. Tetapi jika pasanganmu lebih memilih tetap berhubungan baik dengan mantannya, serta diikuti alasan-alasan diluar batas kewajaran, mungkin kamu harus bersikap lebih tegas. Biar bagaimanapun selalu melibatkan mantan dalam hubungan baru kalian adalah salah satu ciri hubungan kalian sudah nggak sehat.