Kalkulasi keuangan buat yang mau hidup sendiri itu lumayan berat.

Kalian nggak percaya?

Coba kita uraikan di bawah sini Untuk biaya makan sehari di daerah Depok Atau Jakarta ,jika di hemat sehemat-hematnya. Mari kita hitung.

Sarapan pagi pakai roti dan kopi segelas plus rokok sebatang = Rp 5 ribu. Makan siang bisa cari tempat yang jual nasi. Paket pakai ayam atau ikan = Rp10 ribu. Minumnya bisa minta kan sama yang jualan?. Makan malam bisa kita siasatin dengan makan Ketoprak = Rp.10 ribu

Jadi untuk sehari itu bisa menghabiskan uang Rp 25 ribu. Kalikan 30 jadi anda akan mendapat angka 750 Belum dari uang rokoknya. Bisa jadi angka itu akan membengkak sampai 800.

Advertisement

Oiya, jika kamu menggunakan kendaraan bermotor pun akan tambah lagi pengeluarannya. Untuk bensin Motor hitunglah 20 ribu untuk 2 hari. Berarti kita dapat penambahan Pengeluaran sebesar 300 untuk satu bulan. Itu jika yang kerja menggunakan kendaraan bermotor. Ingat Motor. Bukan Mobil…

Jangan lupa untuk perawatan diri anda seperti pasta gigi, sabun, shampoo, minyak wangi ,Deterjen juga. Semua itu untuk satu bulan bisa kita hemat hingga ke angka 125

Nah. Jangan lupa untuk membayar uang kos. Kalau belum dapat pekerjaan yang bergaji Diatas 5 juta. Jangan coba-coba ngekos di tempat yang Ada AC dan mewah ya. Cari saja tempat yang aman, nyaman, dan yang terpenting sih manusiawi. Biar bisa tidur nyenyak dan tidak kehujanan. Kamu juga bisa ngumpulin barang-barang sekalian nabung.

Oke. coba kita ambil harga kostan yang 250 . Jadi pengeluaran kamu dalam sebulan Hidup diluar itu sekitar 1.475 . Atau kita bulatkan menjadi 1500?

Nah.. Sekarang tinggal gaya hidup apa yang akan kamu pilih? Mau jadi anak nongkrong yang saban malam ngabisin uang nongkrong di tempat-tempat mahal? Atau mau jadi Anak bioskop yang tiap bulan update film untuk ditonton? Atau anak travelling yang doyan hang-out tiap akhir bulan? Atau mau mencontoh Gaya hidup Kariage-kun atau Kobochan untuk berhemat? Itu pun tak mengapa. Irit itu memang agak terlihat pelit. Tapi mungkin teman-teman akan mengerti maksud kamu untuk melakukan hal seperti itu.

Sekarang kita membahas pendapatan. Apabila kamu bergaji sebesar 2 jutaan. Biaya Hidup akan tertutupi. Tapi Tidak bisa Hang-out tiap akhir bulan. Apalagi ke tempat-tempat yang mahal. Tapi traktir kopi atau es cendol ke beberapa teman dekat kamu sih masih bisalah yaa.

Jika gaji kamu diatas angka 5 juta. Wauw.. Otomatis biaya hidup akan tertutupi Dan gaya hidup kalian pun akan terpenuhi lho. Tapi… Ingat ya ada tapinya nih. Itu akan tercapai kalau kalian menerapkan Biaya hidup seperti di paragraf sebelumnya. 😀

Jangan lupa juga menyisihkan uang untuk keperluan yang tidak terduga lho. Kalau-kalau kalian jatuh sakit jadi nggak terlalu ribet. Atau mungkin bisa ikut program pemerintah .Ya sukur-sukur kalau kamu bisa ikut asuransi.

Tapi itu semua terserah kamu ya. Masalahnya itu hidup kamu, bukan hidup saya. Kalau saya sih Hanya berbagi cerita saja. Hehehe..

Jika pendapatan harian kamu hanya sebesar 50 ribu. berarti kamu harus memangkas pengeluaran harian menjadi sebesar 20 ribu. What 20 ribu? Memang bisa apa saja dengan uang segitu? Baik, mari kita uraikan penghematan ekstrim ini. Sarapan tetap dengan biaya kopi segelas, roti dan rokok sebatang. Jadi kamu hanya mengeluarkan uang berwarna coklat dengan nominal 5 ribu perak saja. Jadi masih sisa 15 ribu bukan?

Nah untuk makan siang bisa beli nasi padang paketan atau makan di warteg dengan harga 10 ribu. Butuh rokok sehabis makan? Jangan beli! kalau ada teman kan bisa minta hehehe..

Sisa uang 5 ribu itu bisa digunakan untuk malam hari. Nah cocok nih untuk yang sedang menjalankan program diet . Kamu bisa pesan susu dan roti juga rokok sebatang untuk dinner (dinner macam apa itu?) . Jadi uang 50 ribu kamu masih sisa 25 ribu bukan? 20 ribunya bisa disimpan, dan 5 ribunya untuk pegangan dompet. Bagaimana ? Gampang kan?

Jika 20 ribu itu di tabung selama 24 hari. Maka kamu akan menjumpai angka 480. Dikurangi bayar kost jadi 230. Lalu dikurangi pengeluaran perawatan diri jadi tinggal 105 ribu.

Nah disimpan deh tuh 100 nya. Dikumpulin sampai 5 bulan kan jadi bisa pergi Travelling, buat yang hobi petualangan ya. Kalau nggak , bisa buat baju baru dan sejenisnya. Terserah kamu deh. Yang penting masih bisa dalam kategori baik-baik dan positif.

Jika masih kurang uang segitu. Maka kamu harus putar otak untuk mendapat uang tambahan. Tapi ingat. Hidup ini harus dibawa enjoy, santai, jangan panik. Yang penting kreatif , jujur dan harus bisa berinteraksi dengan banyak hal.

Oke kalau begitu biar nggak disangka zombie kamu harus beraksi.

Yuk mari kita ngopi.. 😀