Sudah bukan rahasia lagi kalau tingginya kolesterol merupakan salah satu penyebab utama timbulnya penyakit jantung. Oleh sebab itu, agar jantung tetap sehat, kita perlu bijak saat mengonsumsi makanan penyebab kolesterol tinggi. Untungnya, dalam rangka menurunkan kolesterol secara alami, Anda tidak perlu sampai menghindari makanan pemicunya sama sekali. Faktanya, beberapa makanan yang mengandung kolesterol tetap bisa dikonsumsi setiap hari.

Menjaga gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat yang tidak mengandung lemak jenuh dan melakukan olahraga secara teratur merupakan beberapa langkah pencegahan yang wajib dilakukan agar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.

Daftar beberapa makanan dibawah ini merupakan daftar jenis makanan yang memiliki kolesterol tinggi dan tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan atau lebih baik dihindari bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi. Berikut makanan penyebab kolesterol tinggi:

1. Gorengan Makanan yang diolah dengan cara digoreng bisa mengandung kolesterol. Hal ini dapat terjadi apabila dalam proses menggoreng menggunakan minyak yang telah berkali-kali dipakai atau menggunakan minyak yang sangat panas. Proses menggoreng dengan minyak tersebut akan memberikan dampak pada meningkatnya kadar kolesterol pada seseorang. Apabila minyak goreng semain sering digunakan maka asam lemak jenuhnya juga akan semakin banyak.

Menurut detikHealth, sepotong gorengan juga bisa menambah kadar low density lipoprotein (LDL) disebabkan kandungan lemak trans dan lemak jenus yang ada didalamnya. Dan LDL atau kolesterol jahat ini juga mudah menempel pada dinding pembuluh darah yang bisa meningkatkan seseorang terkena penyakit kardiovaskular dan stroke.

Advertisement

2. Otak Sapi Kandungan kolesterol dalam 10 gram otak sapi bisa sampai 2.500 mg. Oleh karena itu hal ini harus diperhatikan apalagi bagi Anda yang menggemari makanan-makanan hewani yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi misalnya otak sapi ini. Meskipun belum ada batasan yang pasti tentang konsumsi otak sapi yang dikonsumsi setiap harinya.

Maka dari itu lebih baik mulai mengurangi makanan-makanan yang bersumber dari makanan hewani yang memiliki lemak jenuh yang tinggi dan mulai meningkatkan asupan makanan yang lebih sehat seperti ikan, sayuran dan jenis makanan sehat lainnya.

3. Kuning Telur Kuning telur diketahui memiliki kandungan kolesterol yang tinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Dalam 100 gram kuning telur setidaknya memiliki kandungan kolesterol sekitar 1200 miligram. Jumlah ini sekitar 400 persen lebih jika dibandingkan dengan kolesterol yang dibutuhkan setiap harinya. Maka dari itu, jika pada pagi hari Anda mengkonsumsi kuning telur, sebaiknya setelah mengkonsumsi kuning telur tersebut menghindari makanan lain yang mengandung kolesterol tinggi lainnya.

4. Makanan Cepat Saji Kandungan kolesterol yang ada pada makanan cepat saji memiliki tingkat yang cukup tinggi. Misalnya biskuit, keripik dan juga telur setidaknya memiliki kandungan kolesterol sebanyak 172mg dari setiap 100mg nya. Selain itu dalam satu biskuit terdapat kandungan kolesterol sekitar 246 mg. Didalam makanan cepat saji umumnya terdapat kandungan minyak jenuh yang menjadikan makanan cepat saji tersebut tinggi akan kolesterol. Lemak jenuh ini adalah hasil dari adanya penambahan hidrogen pada minyak sayur yang pada umumnya dimanfaatkan untuk menggoreng makanan cepat saji.

5. Daging hasil proses atau yang berlemak Meski makanan penyebab kolesterol ini masih boleh dikonsumsi dalam jumlah yang tak berlebihan, namun daging beku atau hasil proses seperti bacon, sosis, hingga salami ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Jadi Anda tetap disarankan membatasi konsumsinya, sekalipun bila kemasannya menyertakan embel-embel “tanpa lemak” atau sejenisnya. Di samping itu, daging hasil proses biasanya juga tinggi sodium sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Anda juga sebaiknya menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi lainnya seperti jeroan (hati, ginjal, dan lain sebagainya).

6. Es Krim Ternyata Es krim merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Diketahui bahwa dalam segelas es krim terdapat kandungan lemak yang cukup banyak dibandingkan dengan hamburger dan memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dibandingkan dengan 10 donat. Maka dari itu, jika Anda mengkonsumsi es krim, Anda harus menghindari makanan lainnya yang mengandung kolesterol tinggi.

Lebih dianjurkan mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan segar dan makanan sehat lainnya. Mengkonsumsi buah-buahan lebih baik karena memiliki kandungan serat dan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, selain itu rendah kalori.

Itulah beberapa makanan yang memiliki kolesterol tinggi. Jika mengkonsumsi makanan berikut secara berlebihan, maka akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Konsumsilah sewajarnya agar tubuh tetap sehat selalu tanpa ada penyakit yang berbahaya. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

sumber: obatkolesteroldiapotik