Memiliki berat badan ideal adalah idaman semua orang, baik wanita maupun pria. Seseorang dengan berat badan yang ideal akan tampak lebih percaya diri. Selain itu, ketika mencari pakaian mereka tidak akan susah mendapatkannya.

Berat badan ideal sangat penting bagi seseorang. Bukan hanya untuk menunjang penampilan melainkan juga demi menjaga kesehatan. Kita tahu, kekurangan atau bahkan kelebihan berat badan akan membuat berbagai macam penyakit mudah menghampiri.

Pola hidup yang sehat harus dijalani untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Diantaranya adalah olahraga teratur, makan makanan sehat dan cukup istirahat. Jika ketiga hal tersebut sudah terpenuhi, maka berat badan ideal akan didapatkan dan pastinya tubuh sehat serta bugar setiap hari.

Dari ketiga faktor tersebut, makanan adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap naik turunnya berat badan terutama pada wanita yang tubuhnya ‘rentan’ mengalami kenaikan berat badan. Oleh karena itu, sangatlah penting mengkonsumsi makanan sehat yang teratur dengan porsi yang tepat.

Berikut ini beberapa makanan sehat yang wajib dikonsumsi untuk merawat tubuh dan menjaga berat badan agar tetap ideal:

1. Apel

Advertisement

Sumber vitamin yang utama dapat ditemukan dalam buah, dan apel adalah buah yang kaya akan vitamin. Makanan dengan serat tinggi ini dapat melancarkan pencernaan dan memerangi kolesterol dalam tubuh.

Apel juga mengandung plavonoid dan quecertin yang dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Makanlah apel sebagai menu sarapan jika kamu sedang menjalani program diet. Apel mengandung karbohidrat yang dapat memberi energi untuk beraktifitas.

2. Kacang Almond

Kacang ini kaya akan serat dan vitamin. Dapat dikonsumsi mentah ataupun yang sudah direbus, namun tanpa diberi tambahan apapun (misalnya gula ataupun coklat) agar semua kandungan vitaminnya dapat terserap maksimal oleh tubuh. Kacang almond sangat cocok sebagai pengganti makan malam, apalagi buat kamu yang sedang menjalani program diet.

3. Bayam

Selain buah, sumber vitamin lainnya berasal dari sayuran. Adalah bayam yang memiliki khasiat baik untuk kulit dan rambut. Vitamin dan serat yang terkandung dalam bayam juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, mengkonsumsi bayam akan memperkuat tulang dan gigimu karena kandungan magnesium didalamnya.

Tidak heran Popeye akan langsung menjadi orang yang kuat setelah memakan bayam…

4. Brokoli

Satu lagi sayuran yang bagus untuk menjaga berat badanmu, brokoli. Sayuran hijau ini mengandung vitamin A dan C yang sangat bagus untuk menyempurnakan metabolisme tubuh. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, brokoli jangan dimasak terlalu matang agar vitaminyya tidak hilang. Jangan juga mencampur aneka saus karena dapat menggagalkan dietmu.

5. Salmon

Jika dari tadi membahas buah dan sayur, kali ini ada ikan. Bagaimanapun juga, tubuh memerlukan asupan protein dan omega 3 untuk memaksimalkan kinerja otak.

Lantas, kenapa salmon? Karena daging salmon memiliki kandungan protein dan omega 3 tinggi yang tidak dimiliki ikan lain. Salmon juga sangat rendah kalori sehingga aman dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani proses diet.

Itulah beberapa makanan sehat yang sangat berguna untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Selain makanan di atas, masih banyak pula jenis makanan lain yang sehat untuk tubuh dan aman untuk berat badan, yakni gandum, kacang merah, kedelai, dsb. Semoga kamu bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal sesuai apa yang diinginkan setelah membaca artikel ini.