Tahun demi tahun terlewati dengan segala kekhasan peristiwa yang menjadi bumbu yang terasa mencolok dalam 360 harinya. Semakin tahun, semakin banyak saja kemajuan dirasakan. Suatu ketidakmungkinan yang dulu kita pikirkan ternyata saat ini ada dan sudah menjadi sesuatu yang umum digunakan. Gadget dan segala fitur yang terus menggoda seseorang dalam mengikuti trending gaya hidup menjadi makanan pokok setiap hari, setiap jam bahkan seluruh harinya. Popularitas, sebuah pencapaian yang sedang mereka kejar! jumlah cinta merah yang terus bertambah itu yang kalian inginkan bukan? Menebar kesana kemari apapun dalam roda kehidupanmu, sepeserpun dunia tak boleh melewatinya. Profil diri terus diperbaiki dengan segala frame foto yang diupload setiap jam-jam ramai pengunjung, tak lain untuk meningkatkan jumlah penyuka. Ahh, bila berbicara tentang hal ini tak akan ada akhirnya. Begitulah sikap manusia yang memang seyogiyanya suka dipuji. Pujian-pujian jempol, tab love, dan apapun itu bentuknya.

Hidupmu, hidupku terus berjalan, jarum jam tak mungkin berputar arah sekalipun itu hanya 0,0000001 detik. Dia terus maju kedepan, berputar mengelilingi ke dua belas angkanya, menambah maju posisi jarum jam menit dan jam. Itu artinya, apapun yang sudah kita lakukan saat itu tidak akan ada pengulangan nantinya dan apapun yang kita lakukan ada pertanggung jawabanNya. Apapun itu. Tubuh terasa sendiri atau mungkin berdua dengan sang kekasih, itu hanya secara fisik saja, ada malaikat pencatat amal yang terus disampingmu kok 🙂

Jangan terus-terusan menghabiskan umur dengan menscroll gambar-gambar yang sebenarnya tak terlalu diperlukan dalam hidupmu. Masih ada buku, diskusi-diskusi, seminar, komunitas bakatmu yang lebih bermanfaat untuk dimasuki. Berdua-duaan sama si doi nanti ajalah, kalau sudah SAH! Masih banyak kebermanfaatan yang harus ditebarkan, masih banyak bibit-bibit kebaikan yang harus mulai ditanam. Karena tak ada sesuatu yang bisa diingat dari seseorang yang pernah hidup di dunia selain manfaatnya untuk orang lain.

Bermanfaat biisa apa saja bentuknya, selagi hal tersebut diperlukan oleh orang-orang dan mereka senang atas apa yang kau lakukan, itulah makna manfaat. Apa yang kamu sukai? apa bidang yang sedang kau pelajari? dari hal-hal tersebut kamu bisa memulai diri untuk menjadi seorang yang bermanfaat. Kesusahan diri dalam membantu orang lain yang sangat membutuhkanmu akan terasa impas dengan senyum bahagia mereka yang tertoreh untukmu.

Ehmm. tahun 2017, akan terlewati dan habis seketika bila kita tidak menikmatinya secara utuh. Pasang mimpi-mimpi yang ingin kamu capai. Gerakkan tubuh, pikiranmu untuk menggapai semua itu. Dan terakhir jangan lupa sisipkan kebermanfaatanmu disetiap rutinitasmu. Semua pencapaian bisa saja dicapai seluruhnya dengan usaha dan doa doamu, tapi menjadi seorang yang bermanfaat atau tidak di dunia ini adalah sebuah pilihan.

Advertisement

Lihatlah tokoh-tokoh besar diluar sana, mereka menjadi populer bukan karena kesosmedan, tapi sebuah manfaat yang ia torehkan untuk orang-orang sekitarnya, untuk negara Indonesia. Terus maju beriring dengan waktu yang berputar, melangkah menjadi sosok pengubah lebih baik. Apapun yang kamu lakukan di masa muda, tenang, ketika umurmu 40 tahun semua akan terjawab akan ketekunanmu selama ini. Tinggal sabar dan ikhlas menjalani kewajiban, menghabiskan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat dan memberi manfaat. Sudah pada besarlah, pasti sudah bisa membedakan mana yang memberi manfaat mana yang tidak. Ayo bergerak menjadi pribadi ceria dengan kobaran api semangat untuk bermanfaat. Hari-harimu adalah milikmu, semua ada ditanganmu, gunakan waktu dalam hari-hari tersebut secantik mungkin, hiasi dengan kebaikan-kebaikan, pengalaman, ilmu.

Resolusi 2017, aku ingin menghatamkan studiku dan melanjutkan di tempat yang aku impikan. Tak lupa, aku ingin memberikan manfaat di setiap hariku pada 2017 nanti, sekalipun itu hanya membalas komen OM TELOLET OM TELOLET mu.