Sejak dahulu hingga sekarang mungkin sebagian orang berpikir bahwa sebuah pinjaman adalah salah satu bentuk terakhir sebuah solusi yang sangat baik untuk dilakukan ketika seseorang sedang membutuhkan dana yang sangat mendesak. Dengan pinjaman maka semua kebutuhan akan dapat terpenuhi dengan cepat.

Sebuah pemikiran tersebut telah dibenarkan oleh beberapa orang. Terlebih saat ini, untuk mendapatkan sebuah pinjaman sangatlah mudah karena sudah banyak perusahaan pembiayaan yang menyediakan produk pinjaman untuk masyarakat. Lalu, apa saja syarat peminjaman uang tersebut?

Pada beberapa perusahaan pembiayaan seperti halnya perbankan yang memberikan sebuah pinjaman pasti memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Beberapa syarat peminjaman uang tersebut harus dipenuhi oleh siapa saja yang ingin mendapatkannya. Berikut ini syarat-syarat melakukan peminjaman yang perlu diketahui, yaitu:

Syarat pertama yang harus dipenuhi oleh Anda yang ingin melakukan pinjaman pada suatu bank yaitu Anda harus merupakan warga negara Indonesia yang menetap di Indonesia dengan memiliki kartu identitas penduduk yaitu berupa KTP pribadi asli.

Jika Anda telah menikah maka Anda perlu membawa kartu identitas suami dan istri. Hal tersebut dilakukan agar kedua belah pihak dalam keluarga mengetahui bentuk pinjaman yang dilakukan. Namun, jika Anda belum menikah maka Anda hanya perlu membawa kartu identitas diri pribadi saja.

Advertisement

Pada kartu identitas berupa KTP yang dimiliki harus tercantum alamat tempat tinggal yang sesuai dengan tempat tinggal yang Anda tempati saat ini. Jika data alamat tersebut berbeda pada KTP maka Anda perlu meminta surat keterangan domisili pada pihak yang berwenang.

Jika Anda telah menikah dan ingin melakukan pengajuan pinjaman maka Anda perlu menyertakan Akta Nikah. Hal tersebut dilakukan agar pihak bank mengetahui harta yang telah dimiliki oleh Anda. Apakah harta tersebut miliki bersama atau bukan. Karena bentuk pinjaman yang dilakukan harus diketahui betul oleh kedua belah pihak.

Anda perlu menyertakan fotocopy Kartu Keluarga. Dengan adanya Kartu Keluarga maka pihak bank akan mengetahui berapa banyak tanggungan yang akan Anda tanggung setiap harinya. Jadi, bank akan mengetahui berapa banyak pengeluaran yang harus Anda keluarkan untuk menanggung anggota keluarga Anda. Selain itu pihak bank juga dapat menilai apakah Anda mampu untuk membayar cicilan tagihan pinjaman atau tidak.

Jika Anda seorang pegawai yang bekerja di perusahaan pemerintah maupun swasta maka Anda perlu menyertakan bukti penghasilan berupa slip gaji. Slip gaji yang disertakan harus sesuai dengan minimal penghasilan yang telah ditentukan oleh bank. Dengan adanya slip gaji maka pihak bank akan mengetahui bahwa Anda memiliki penghasilan tetap setiap bulan.

Pada beberapa jenis pinjaman yang bukan termasuk pada jenis KTA atau kredit tanpa agunan maka Anda perlu menyertakan agunan sebagai jaminan. Jaminan yang dimaksud adalah bentuk harta yang bernilai dengan pinjaman yang diberikan. Beberapa harta yang dapat dijadikan jaminan yaitu sertifikat, BPKB dan lain sebagainya.

Syarat peminjaman uang di bank sebenarnya sangatlah mudah untuk dipenuhi oleh siapa saja. Jika syarat tersebut sudah dimiliki mereka hanya perlu mendatangkan kantor cabang bank yang telah dipilih. Hal yang perlu diingat hanyalah ketika pinjaman tersebut sudah didapatkan maka Anda harus membayar cicilan pinjaman yang telah disepakati oleh Anda dengan pihak bank pada saat melakukan pengajuan pinjaman.