Pasir putih itu berdiam, kalau memang tak ada yang mengingatkan kura-kura kecil untuk maju mendekat laut atau mundur kembali pada rimbun semak-semak. Sebab pasir masih sengaja berdiam, semestinya jika mencintai laut ocehan camar tak peduli kata terlambat untuk menikmati di mana takdirnya berada di antara air dan karang.

Namun kaki renta untuk melangkah di bawah pohon tengah ia sekuat mungkin bertahan sembari menanti angin berhembus bersama ranting berjatuhan.

Pasir masih tetap berdiam melihat dari jauh bisakah segala terhapus ombak yang tiba-tiba datang karena memang jejak kura-kura tak ada tertinggal sebab cukup sekian tak pandai ia berjuang kepada pasir. Padahal putih pasir hanya menunggu jejak kecil kura-kura untuk menyentuhnya di saat akhir tetap bertahan atau mendekat dan berjalan bersama menuju samudra mengejar senja.

Bukan kura-kura kemarin mohonnya yang membuat tangisan menanti induk datang karena hampir tiga kali musim penghujan ia masih tetap sama. Hingga purnama ketiga datang, pasir masih tetap berdiam bersabar menanti dalam harap untuk dibantu ombak surut menghapus cerita namun kura-kura masih ingin ditemani ranting berjatuhan. Katanya yakin jika nanti kelak tak akan ada cerita lagi antara pasir, air ataupun karang dalam kehidupannya seusai tanah subur diguyur cemburu bersama hujan.

Segalanya bersedih antara mampu melalui masa sulit di antara pilihan yang memberatkan boleh maju ataupun bertahan ternyata hanya sementara.

Advertisement

Untuk terakhir kalinya masih berdiam, ungkapan rindu terbawa angin dengan sedikit canda dan indahnya kebersamaan pun menghampiri. Dan ketika purnama kedelapan datang, benarkah tampak memang kura kura kecil memilih untuk beranjak di antara semak dan pasir masih tetap berdiam sebab ia tak suka ancaman yang kadang ketika itu berujung dengan perpisahan.

Ternyata antara Kura-kura dan pasir yang selama ini bersama di kala terik atau badai itu adalah dalam kotak kaca dengannya dan pagi ini terbalik di pantai ditemani maaf memang begitu dan bukan begitu karenanya kura-kura kepada pasir berserakan.