Sebagian besar anak muda a.k.a remaja di Indonesia pasti akrab banget sama yang namanya sosmed. Iyalah, sampe tiap bulan rela ngabisin uang jajan demi beli kuota biar bisa nge-stalk gebetan di sosmed-nya *eh hahaha. Sebenernya banyak kegiatan yang bisa kalian lakuin supaya kalian bisa dapetin benefits dari akun sosmed kalian. Gue punya rekomennya nih guys…

Instagram

Ini nih sosmed yang happening banget di kalangan remaja Indonesia, karna banyak fitur yang gemesin banget sih, for example insta stories. Sampe-sampe sekarang ada yang bilang kalo “insta stories is a must!” yakk, jadi insta stories tuh kayak suatu keharusan yang dilakuin seseorang setiap harinya buat tau recent activity-nya mereka, entah bikin boomerang mata kedip-kedip kaya lagi kelilipan mantan eh kelilipan debu maksudnya, atau bikin random video which is ngegambarin mereka lagi ada di suatu tempat entah café, atau tempat nongkrong yang kekinian gitu.

Sebenernya instagram bisa dimanfaatin loh dan kalian bisa dapet uang juga dari situ. Anak-anak sekarang kan pada pinter bikin OOTD gitu kan. Coba deh kalian percantik atau rapihin feed instagram kalian, trus posting foto pake outfit yang kece. Biasanya sih app edit foto yang biasa dipake itu vsco sama afterlight. Coba kalian aplikasiin itu di feed instagram kalian. Dannn kalo feed kalian udah rapi, kalian bisa deh tuh dilirik-lirk sama olshop buat endorse. Nah dari endorse itu kalian bisa dapetin uang deh.

Nah itu sih sisi positifnya, jadi kalian ga sekedar main instagram cuma buat nge-stalk akun orang atau nyinyir di kolom komen padahal ga tau betul orangnya kayak gimana, mending berkarya kan, bisa dapet uang, terus syukur-syukur famous juga kan di instagram. Famous-nya bukan karna nyinyir tapi karna karya. Harus banget dicoba nih kalian yang anak muda, supaya bisa menebar kegiatan positif dikalangan kawula muda!

Advertisement

YouTube

Nah akun yang satu ini juga lagi rame banget nih di kalangan remaja, dan lagi berlomba-lomba buat pada jadi vlogger di YouTube. Nah karna vlog lagi merebak banget, buat kalian anak-anak muda bisa nih gunain vlog ini jadi salah satu sarana buat kalian dapetin benefits dan bisa ngasih tips-tips yang informatif juga.

Karna menurut gue, vlog-vlog yang rame diisi sama anak Indonesia lagi-lagi cuma kayak yang ngegambarin aktivitas biasa mereka, gaul-gaulan di mall, café, nongkrong bareng temen, padahal banyak hal yang kalian bisa kasih di vlog kalian yang pastinya bisa nambah wawasan atau pengetahuan orang banyak.

Kalian bisa bikin vlog tentang tutorial bikin kerajinan tangan dari bahan bekas yang simple, yang bisa dipake sehari-hari kayak tempat pensil, pouch, dll. Hmm dan untuk yang suka bikin vlog daily makeup atau tutorial makeup gitu harusnya sih ada filter ya, kan repot juga kalo yang nonton anak sd atau smp terus mereka praktekin pake makeup nyokapnya wadooooh. Karna anak SD SMP sekarang rata-rata udah pada pegang gadget, jadi sebisa mungkin bikin vlog yang semua kalangan bisa nonton, informatif dan edukatif buat tumbuh kembangnya anak-anak sekarang.

Oke ini terlalu visioner ya hehehe. Dan buat kalian yang suka travelling, bisa banget bikin vlog tempat-tempat bersejarah dan kalian kasih tau sedikit description-nya atau sekedar kasih istilah atau nama-nama tempat yang unik di tempat kamu travel. Itu bisa jadi hal yang informatif buat orang yang nonton dan mereka jadi semangat buat tau hal-hal baru lainnya, mereka bakal nunggu vlog terbaru kalian, dan subscribers kalian jadi banyak dehhh…

Nah kira-kira itu hal-hal positif yang bisa kalian lakuin di sosmed kalian. Selamat dan semangat menginspirasi kawan-kawan muda Indonesia!