Manusia itu adalah mahluk sosial yang tak dapat hidup sendiri,selalu bergantung dengan oranglain untuk memenuhi kehidupannya sendiri.

Hanya Tuhan yang sanggup menjalani hidup sendiri tanpa tergantung dengan siapapun. Manusia memiliki unsur jasmani,Rohani,Fisik,Psikis,Raga dan Jiwa,manusia juga memiliki sifat,keunikan dan ciri khas tersendiri dan tidak ada manusia yang sama.Mengapa begitu banyak orang berlomba-lomba untuk membanggakan dirinya pada oranglain.Dengan begitu banyak kepalsuan atau sandiwara yang di mainkan hanya untuk sebuah “IMAGE” supaya dianggap baik oleh orang disekelilingnya.Inilah yang dikatakan dengan “Panggung sandiwara”,begitu juga dengan kehidupan ini.

Bagaimana sikap/sifat seseorang agar disebut sebagai “orang baik”!!! Apakah dengan rajin beribadah,selalu tebar senyuman,ramah,suka menolong,suka memberi atau membantu tanpa pamrih??? Bagaimana pula kriteria/karakter seseorang agar dapat disukai oleh oranglain? Apakah harus jujur,dipercaya,setia,selalu berbicara manis,sopan santun atau selalu ada dalam keadaan apapun

Coba tanyakan itu pada diri anda sendiri,setiap manusia memiliki karakter masing-masing,karakter yang ada pada diri manusia itu disebut dengan “Kepribadian” kepribadian seseorang itu berbeda-beda tidak ada yang sama. Apabila jeli melihat dan peka terhadap sekeliling kita perbedaan itu lh yang menjadi “Kambing hitam“ di zaman yang semua serba instan ini. Jika pendapat/argumen kita tidak sama dengan yang lain,maka kita salah, jika kita tidak memiliki minat yang sama dengan yang lain,maka kita aneh, jika kita tidak memiliki hoby yang sama dengan yang lain,maka kita tidak gaul.

Lalu dimana letak keindahan dari perbedaan yang dimiliki manusia itu? Mengapa kita harus menjadi diri oranglain yang notabennya bukan diri kita sendiri,hanya untuk dapat diterima dan disenangi oleh banyak orang. Bersyukurlah dengan apa yang telah Tuhan berikan pada diri kita,dengan segala hal yang kita miliki,pasti kita merasa nyaman tanpa harus bersusah payah mengenakan topeng dihadapan orang lain. “Asal dapat jadi yang terbaik menjadi berbeda itu tidak dosa bukan?”

Advertisement

So, jangan takut untuk menjadi dirimu sendiri,karena setiap manusia diciptakan sesuai dengan karakternya masing-masing,dari perbedaan itulah letak keunikannya. Bayangkan saja apabila semua manusia dibumi ini memiliki sifat/karakter yang sama,akan tampak seperti dunia ala “Matrix“ serupa dan seragam sama seperti robot yang dibuat oleh tangan manusia yang didalamnya dibantu dengan mesin sehingga dapat dipergunakan dan hanya nomor yang membedakannya.

Aku adalah aku dan hanya aku yang paling mengenal aku,silahkan menilai ku sesuka hati mu, bukan hak ku untuk melarang mu.

Nilailah dari persepsi mu apapun hasil dari buah kepala mu aku tetap akan menjadi aku dan tidak pernah bisa menjadi diri siapapun. Ku abaikan saja mereka yang seenaknya berkata pedas terhadapku,sebab yang tau aku dan kenal pribadiku hanya aku dan Tuhan ku saja yang tau. Mereka hanya bisa menyimpulkan sesimpul-simpulnya tanpa melihat sisi yang baik dari ku, terserah mereka mau berkata apa tentang ku itu hak mereka sebab aku tak pernah meminta belas kasihan dari mereka. Inilah aku dengan segala yang ada pada ku, kekurangan dan kelebihan ku itulah yang aku miliki sejak aku terlahir kedunia ini seperti itulah diri ku.

“Sebelum menilai orang lain lihat lah diri kita terlebih dahulu apakah diri kita sudah lebih baik dari orang yang kita nilai itu, jangan bersusah payah mengenakan topeng diwajahmu agar terlihat baik dihadapan orang, jadilah sosok seorang pribadi yang apa adanya dengan segala kekuranganan dan kelebihan yang ada pada mu karna itu lah diri mu sendiri”