Pertemanan salah satu bagian dari kehidupan kita, sampai-sampai pertemanan bisa diartikan menjadi persahabatan seperti kekeluargaan. Pertemanan yang baik bukanlah mereka yang memiliki segala hal yang berbau harta, pertemanan adalah mereka yang menjanjikan kita kebahagian dan siap untuk berbagi dalam suka dan duka. teman yang asyik itu adalah mereka yang mengerti akan kesibukan kita dan mengerti kapan harus membuat kita tertawa dalam penatnya hidup yang tak akan ada habisnya tanpa masalah.

Jika kita adalah pribadi yang baik, maka kita akan berteman dengan mereka yang berjiwa baik, jauhilah mereka yang bermuka dua dalam hidupnya, sebab orang-orang seperti itu akan merusak pertemanan yang sudah dibangun begitu lama. Membangun sebuah pertemanan harus dimulai dari kepercayaan, mereka yang percaya kepada kita dan menerima kita dengan apa adanya tanpa memandang status sosial dan dari mana kita berasal. Pertemanan yang dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan seperti mereka yang aktif dalam berorganisasi adalah contoh dimana kita harus memiliki teman yang memiliki solidaritas tinggi dan loyalitas yang tinggi.

Saling membantu dalam kesusahan seperti menolong kita dalam krisis keuangan itu merupakan teman yang pantas untuk kita perrtahankan, sebab di zaman ini sudah begitu sedikit mereka yang mau berbagi walaupun itu kepada teman. Tapi ingat, walaupun kita selalu dibantu dalam kesusahan materi jangan sampai mereka kita jadikan sebagai tempat peminjaman ataupun tempat mengutang, sebab mereka juga punya kehidupan yang lain.

Dalam pertemanan, kejujuran adalah hal yang paling diutaman, tanpa kebohongan akan membuat pertemanan adem dan nyaman tanpa konflik yang membuat hancur. Memilih-milih orang dalam pertemanan bukanlah hal yang merugikan kita, sebab dengan kelihaian dan kepandaian dalam memilih teman akan meningkatkan kualitas kita. Kualitas diri seseorang salah satunya dipandang dalam pergaulan. Sebab jika kita berteman dengan mereka yang memiliki kehidupan yang berbau dengan kejahatan seperti pengguna narkoba, bisa-bisa saja kita akan terkena dampak dari semua hal yang mereka lakukan. jadi, pandai menilai dan memilih teman akan membantu kita dalam meningkatkan hidup yang berkualitas dengan berbagi dalam hal-hal yang baik dan benar untuk kita jalankan dalam kehidupan yang sudah tidak terkontrol ini.

Terkadang didalam pertemanan tidak dapat kita pungkiri akan terjadi konflik-konflik kecil yang dapat membasmi pertemana tersebut, jadi kedewasaan kita dalam berpikir dan berperasaan sangatlah menentukan mereka yang akan tetap bertahan dalam lingkaran pertemanan, konflik kecil seperti cemburu merupakan hal yang biasa terjadi disekitar kita. Ketika pertemanan terjalin terkadang kita tidak mengetahui mereka yang perasaan begitu lemah dan selalu iri dengan kedekatan kita dengan teman yang lainnya.

Advertisement

Jika kita memiliki teman seperti itu, sikap kita bukanlah menjauhi dia tetapi kita harus lebih dewasa lagi untuk menjelaskan kepadanya tentang hal sepele tersebut, sebab jika semua tanpa penjelasan maka kegaduhan akan berlangsung. Tak heran bila disekitar kita banyak jenis-jenis orang yang menjijikkan dan memuakkan, dengan semua kesombongan mereka dan gaya pergaulan yang diatas wajar mereka akan semena-mena kepada kita yang hanya memiliki pergaulan yang biasa-biasa saja.

Dan kita lihat banyak komunitas anak muda diluar maupun didalam sebuah instansi seperti sekolah dan kampus, disana kita akan dapati mereka yang tidak sadar diri. Jadi pandai-pandailah memilih teman, pilihlah teman yang fun dan jangan hanya berteman dengan orang yang baik, sebab orang yang baik tidak menjanjikan kesenangan, dan pasti orang-orang yang fun akan memberikan kita tawa yang bermakna.

Orang-orang yang fun selalu memiliki karakter yang berbeda dan pasti akan nyentrik. Mereka-mereka yang fun tidak akan pernah merasa cemburu dan selalu melapangkan dada untuk hal-hal kecil yang tak pantas untuk dipermasalahkan. Jangan pernah menjadikan senior dan junior batasan dalam pertemanan, sebab hal itu akan membatasi diri kita untuk berkembang, berteman bukan harus bersama senior dan bukan harus kepada junior. Kita harus membagi waktu dan membagi diri dalam hal-hal yang akan membangun kualitas diri. Cinta dalam pertemanan tidak bisa kita batasi, junior wajib kita sayangi dan senior haruslah kita hormati.