Kehadiran Ramadan selalu disambut suka cita umat muslim dunia. Namun ingat, gaya hidup dan pola makan selama berpuasa berubah cukup drastis dibandingkan dengan hari-hari biasa. Bagi yang sehat, ibadah ini wajib dipenuhi tunai sebulan penuh. Bagi yang menderita diabetes dan maag, puasa sering menjadi tantangan besar karena biasanya dapat memperparah sakit mereka bahkan berujung pada penurunan vitalitas.

Ari Fahrial Syam, Spesialis Penyakit Dalam dari Divisi Gastroenterologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (RSCM-FKUI), menuturkan pola konsumsi makanan dan minuman yang keliru selama berpuasa bisa membuat penyandang maag semakin berat.

Namun, bila asupan ketika berbuka tepat, tubuh mereka bisa tetap bugar dan sehat. Karena itu, dia menganjurkan agar para penderita maag menghindari makanan yang banyak mengandung gas karena dapat memperbesar pengeluaran asam lambung. Menu buka puasa ketika bulan Ramadhan sangat penting sekali untuk diperhatikan, terutama bagi seseorang yang menderita penyakit maag. Sebab seseorang yang mengalami masalah ini tentunya sangat sensitif terhadap beberapa makanan.

Untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan berstamina selama menjalani puasa, simak tip menu berbuka untuk penderita maag dari dr.Phaidon L.Toruan, sport nutritionist berikut ini:

Minum yang manis alami tanpa gula. Air kelapa, jus buah melon atau semangka dan buah lainnya. Hindari gula pasir karena akan menyebabkan efek yoyo pada timbangan nantinya di hari Raya, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik

Advertisement

Karbohidrat kompleks akan lebih baik plus makanan yang tidak digoreng. Nasi putih, dan makanan gorengan akan membuat ngantuk saat tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah sampai 20%

Pasca buka puasa, konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur minimal masuk air 1 liter.

Contoh menu berbuka puasa

– Nasi merah dengan sate ayam, buah pisang.

– Nasi merah dengan soto ayam, buah jeruk.

– Spaghetti dengan saus tuna dan salad buah.

Menu Berbuka yang Baik dan Sehat

Berbuka puasa sangatlah ditunggu-tunggu jelang sore hari, bahkan berbagai kegiatan pun akan dilakukan oleh setiap orang berpuasa hanya untuk menunggu waktu berbuka. Tapi bagaimanakah menu yang baik saat kita berbuka puasa?, beberapa pakar kesehatan sering memberikan masukan penting pada orang untuk memilih menu saat berbuka puasa.

Salah satunya adalah memakan buah kurma plus minuman air putih sebagai pendamping atau teh manis hangat jika keduanya tidak ada, diyakini buah kurma mengandung gula alami (fruktosa) yang sangat mudah diserap oleh organ untuk menyuplai energi ke otot-otot kita yang dalam sehari penuh tidak terisi oleh zat makanan.

Demikian beberapa menu buka puasa untuk penderita maag yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan.