Baper alias bawa perasaan merupakan istilah yang muncul sekitar awal tahun 2016. Akan tetapi, baper juga memiliki arti yang lebih positif, yaitu bawa perubahan. Ya, Sebagai generasi muda kita harus menjadi pembawa perubahan bagi Indonesia.

Kalian mau kan Indonesia menjadi negara maju seperti Singapura? Kalian juga mau kan menjadi orang sukses? Makanya jadilah generasi baper yang bawa perubahan,bukan generasi yang bawa perasaan.Stop deh membuang waktu memikirkan gebetan yang belum tentu juga memikirkan kalian ! Kalian masih terlalu dini untuk memikirkan masalah percintaan. Ingat ya! Jodoh sudah ada yang mengatur kok.

Lebih baik pikirkan tentang orangtua kalian yang susah payah mencari nafkah dan yang telah mengurus kalian dari kecil.

Misalnya, kalian pikirkan tentang apa yang bisa kalian beri untuk orangtua kalian di masa tuanya.Kalian pasti ingin orangtua kalian bahagia kan? Caranya dengan kalian rajin belajar dan giat untuk bersekolah. Supaya kalian kedepannya mempunyai masa depan yang cerah dan tentunya dapat mengharumkan Indonesia melalui prestasi yang kalian miliki.

Selain itu,coba pikirkan tentang Indonesia ini kedepannya.

Advertisement

Bagaimana caranya kalian sebagai generasi muda, untuk memajukan Indonesia seperti Singapura? Bahkan jika kalian mau,kalian bisa membuat Indonesia lebih maju dari Singapura. Kalian bisa memajukan Indonesia mulai dari hal-hal yang kecil. Seperti mulai memiliki sikap peduli dengan orang lain, dengan cara menanyakan kabar, menanyakan apa ada masalah atau tidak. Tentu kalian dengan cara yang sopan dan berniat baik saat ingin peduli dengan orang lain. Sehingga orang lain pun akan peduli dengan kalian,begitu seterusnya sampai semua orang Indonesia saling peduli satu sama lain.

Perhatikan lingkungan sekitar kalian.

Buanglah sampah pada tempatnya dan kurangilah pemakaian plastik. Apabila ada sampah yang berserakan,cobalah untuk memungutnya dan buanglah ke tempat sampah. Tegurlah orang-orang yang membuang sampah sembarangan. Jangan memiliki sikap acuh tak acuh. Karena,kalian sendirilah yang akan merugi. Bila hujan turun,sampah yang berserakan dapat menyumbat saluran air hingga akhirnya banjir pun datang. Tidak hanya itu,hutan yang gundul juga dapat menyebabkan banjir. Maka, mulailah tanam pohon.

Apabila ada pembangunan villa atau hal semacamnya,kalian bisa mengentikannya dengan menyalurkan aspirasi kalian melalui badan perwakilan rakyat.Apabila kalian tidak kritis, tidak hanya banjir yang akan datang atau longsor yang akan kalian dapati,Indonesia kedepannya tidak lagi mejadi paru-paru dunia. Bila itu terjadi,bagaimana nasib cucu-cucu kita kelak?

Kalian juga mulailah miliki kejujuran terhadap apapun.

Kejujuran memang pahit,tetapi keberkahan hidup yang akan kalian dapatkan. Bicaralah baik-baik apabila ada teman,keluarga,atau orang lain yang tidak jujur dalam melakukan suatu hal.Agar mereka tidak mengulanginya lagi.Apabila kalian memiliki saudara yang masih berada di bangku sekolah,nasihatilah untuk bersekolah dengan baik dan tidak hanya mementingkan soal cara mendapatkan nilai yang bagus.Sehingga mereka dapat fokus untuk mendapat ilmu,bukan mendapat nilai,agar mereka tidak melakukan hal kecurangan untuk mendapat nilai yang bagus. Apabila hal itu terus dilakukan,maka kemungkinan besar Indonesia terhindar dari yang namanya “KKN”. Semisalnya Indonesia terbebas dari KKN, masyarakat Indonesia terjamin masa depannya. Masalah seperti kemiskinan,penangguran, dan pendidikan tidak akan menjadi beban pemerintah lagi. Bahkan pembangunan Indonesia bisa merata hingga kepelosok nusantara.

Pemerintah tidak memiliki beban lagi,dan bisa fokus meningkatkan mutu ke arah pendidikan dan fasilitas umum.

Jika, pemerintah meningkatkan mutu pendidikan hingga mencapai mutu yang sangat baik,kedepannya anak-anak Indonesia mampu bersaing dengan siswa dari mancanegara. Setelah mutu pendidikan ditingkatkan,pemerintah bisa fokus untuk memperbaiki dan menambah fasilitas umum. Seperti memperbaiki jalan raya,membuat jembatan untuk daerah yang terpencil,hingga menambah transportasi umum. Kalian senang kan bila fasilitas umumnya memuaskan ? Otomatis membuat kalian lancar untuk menjalankan aktivitas.

Selalu berdoa dan berpikir positif tentang Indonesia.

Tidak hanya berdoa untuk kalian dan keluarga sendiri,berdoalah juga untuk kebaikan Indonesia. Berdoalah agar Indonesia memiliki pemimpin yang bertanggung jawab, adil, dan jujur. Jangan permah berpikir dan berkata negatif tentang Indonesia,karena setiap perkataan adalah doa. Sehingga lebih baik kalian berpikir positif tentang Indonesia,agar Indonesia kedepannya menjadi lebih baik lagi.

So, jadilah generasi yang membawa perubahan baik untuk Indonesia.

Semoga bermanfaat 🙂