Ketika kau mengalami kegagalan janganlah lekas menyerah. Jika menyerah maka selesailah sudah. Semua usahamu akan berakhir dengan kesia-siaan. Tapi jika kau bangun dan meneruskan kembali perjalananmu yang sempat terhenti, maka keberhasilan pun akan kau raih.

Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Tidak ada orang sukses yang tidak mengalami kegagalan. Semua pasti pernah mengalaminya. Tapi hanya merekalah yang pantang menyerah dan terus berusaha yang akan tetap bertahan. Seterjal apapun rintangannya, sebanyak apapun hambatannya, dan sekeras apapun halangannya, akan tetap dilewati dengan hati yang berani dan semangat yang membara.

Keberhasilan itu seperti ketika dirimu mendaki sebuah gunung. Sama-sama dari start yang sama. Medan yang dilewatinya pun juga sama. Begitu pula dengan puncak yang dituju. Hanya saja mereka yang dapat berjalan melewati semua rintangan yang ada-lah yang akan menjadi pemenangnya. Mereka tak akan menyerah meski jalanan yang dilewatinya penuh dengan bebatuan dan semak belukar. Mereka akan berusaha sekuat tenaga agar bisa sampai dipuncak.

Begitu pula para pahlawan kita terdahulu. Mereka semua tak gentar dalam menghadapi para musuh. Mereka semua maju untuk mempertahankan Indonesia dari para penjajah. Sekalipun musuh-musuh mereka sangat kuat, mereka tak pernah takut. Setiap kali mereka gagal memukul mundur para penjajah itu, mereka bangun dan menyerang kembali. Begitupun seterusnya. Hingga akhirnya mereka semua berhasil mengalahkan para musuh itu dan keluar sebagai pemenang.

Sama halnya ketika dirimu berjuang untuk meraih kesuksesanmu atau keberhasilanmu. Jika tiba-tiba ditengah perjalananmu untuk menuju kesana kamu bertemu dengannya, maka janganlah mengeluh dan menghindar. Melainkan hadapilah. Hadapi dia dengan hati yang berani, semangat yang terus membara, dan keyakinan bahwa dia hanyalah angin lalu semata. Jangan takut tapi percayalah pada dirimu sendiri. Percaya bahwa kau bisa melewatinya. Ingat! Ada Allah SWT yang Maha Besar. Jadi sebesar apapun bentuk kegagalanmu, ingatlah bahwa Allah SWT memang sengaja menghadirkannya untuk membuat dirimu menjadi orang hebat. Orang yang kelak akan menjadi seorang pemenang bukan seorang pecundang. Yang suatu saat nanti akan berdiri dipuncak dengan menggenggam keberhasilan.

Advertisement

Sudah seharusnya kita seperti itu. Memiliki jiwa pemenang yang tak pernah menyerah pada keadaan. Sekalipun keadaan itu cukup sulit. Karena merdeka itu adalah ketika kau berhasil keluar sebagai pemenang. Bukan sebagai pecundang. Yang menyerah begitu saja ketika kegagalan datang.