Kita tidak bisa mengatur orang lain untuk berbuat baik pada kita. Kita juga tidak bisa mengatur orang lain untuk menjaga bicaranya kepada kita, pun kita tidak bisa mengatur sikap orang lain supaya itu bisa menyenangkan hati kita. Jelas, kita diberikan karunia yang berbeda – beda, keluarga, tempat tinggal, wawasan, ilmu, pelajaran hidup bahkan orang – orang yang ada di sekitar kita itu semua akan membentuk kita menjadi seseorang yang "white" or "Black" Not "Grey" bukanya begitu?

Kita terlanjur sibuk memperhatikan bagaimana orang lain bersikap, berbuat atau bahkan berbicara pada kita sehingga kita hampir lupa bagaimana kita sendiri berbicara, bersikap dan berbuat terhadap oranglain. ada hukum alam yang berlaku jika engkau tidak bisa memperlakukan oranglain dengan baik, Bagaimana engkau dapat mengharapkan oranglain berprilaku baik kepadamu.

Engkau harus tau saat oranglain berbuat demikian pada kita, maka itu adalah cerminan untuk kita apakah kita seperti itu atau apakah kita pernah melakukan hal demikian itu terhadap oranglain? ada perenungan yang dalam untuk membuat kita semua menjadi lebih baik. mejadi manusia seutuhnya yang bersikap sebagai manusia bukan malah sebaliknya. akan selalu ada pelajaran sekalipun itu hal yang tidak menyenangkan.

Yuk mulai untuk #Memperbaikidiri bukan karena kita ingin dipandang baik atau supaya kita mendapatkan hal yang (sama) baik dari oranglain. Tetapi karena itu sebuah keharusan bahwa kita harus menjadi orang yang baik.

Baik bukan hanya prilaku dan sikapnya tetapi juga bicaranya, bukan sendiri yang menilai tetapi oranglain yang bisa melihatnya. Bukankah kelak semua itu akan diminta pertanggungjawabanya oleh tuhan?..

Advertisement

Jika kita tidak berfikir dari sekarang bagaimana kita akan sanggup menghadapinya nanti ketika waktunya sudah tiba. jangan menyakiti siapapun tetapi jika itu terpaksa harus dilakukan, maka lakukanlah dengan baik – baik.