Move on merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi kita, dan menjadi tindakan yang biasa dilakukan oleh mereka yang sedang dilanda kekecewaan, kegalauan, maupun kondisi terpuruk lainnya. Artinya, move on tidak selalu berkaitan dengan mereka yang mengalami kekecewaan karena masalah percintaan. Bisa seperti gagal ujian, bisnis mengalami kebangkrutan, dan lain-lain.

Move on dapat diartikan sebagai perpindahan seseorang dari suatu posisi ke posisi yang baru, tapi masih di lantai yang sama dan pergerakannya secara horizontal. Tujuannya hanya untuk memperbaiki kondisi dan mendapatkan suasana yang baru, namun bukan peningkatan kualitas hidup.

Lalu apa bedanya dengan move up?

move up sama halnya dengan move on yang berarti perpindahan. hanya saja move up mencakup semuanya dan perpindahannya secara vertikal. Jika awalnya berada di lantai pertama, kemudian kamu mencoba untuk naik ke lantai kedua. Jadi, move up tidak hanya berpindah untuk memperbaiki keadaan, tapi juga naik ke keadaan yang lebih baik.

Move on hanya mencari suasana baru yang nantinya juga bisa membuatmu kembali kecewa seperti awalnya. So, tidak cukup hanya dengan move on, tapi kamu juga harus melakukan move up, agar kualitas hidupmu naik ke level yang lebih tinggi.

Advertisement

Tidak ada jurus khusus untuk move up. Kamu bisa mencoba dengan menyibukkan diri melalui berbagai kegiatan yang tidak hanya akan memberimu kesenangan semata, tapi juga dapat meningkatkan level kualitas hidup. Usahakan kegiatan itu merupakan aktivitas yang menjadi minat kamu. Kemudian fokuskan diri pada kegiatan tersebut. Dengan begitu, lambat laun kamu akan melupakan kekecewaan dan luka lama yang telah kamu alami.

Jangan lupa juga mendekatkan diri pada Tuhan. Karena itu akan membuat kamu lebih tentram, tidak merasa hidup sendiri, dan akan mendatangkan kedamaian ketika kamu menghadirkan Tuhan dalam hidupmu. Yakinkan drimu,kKetika Tuhan memberikan kekecewaan, Tuhan juga yang akan menggantikannya dengan kebahagiaan.

Selain itu, kamu juga bisa berkumpul bareng temen di sela-sela waktumu. Tertawa bersama teman-temanmu akan membuat hidup menjadi lebih menyenangkan. Tapi jangan menjadi over dalam wasting time. Ingat, tujuan move up bukan hanya untuk mencari kesenangan dengan suasana yang baru.

Dan yang paling penting, hindari lagu yang berbau sedih jika kamu belum bisa berdamai dengan kekecewaan di masa lalu. Karena hal itu hanya akan mengundang kegalauan dan akan menarikmu kembali pada perasaan masa lalu.

Move on bukan berarti tindakan yang salah, hanya saja jika kamu menginginkan hidupmu berada di level yang lebih tinggi, maka naiklah. so, move on juga harus disertai move up. Jika kamu bisa move up, kamu juga akan menjadi lebih dewasa.