Bukan aku tak mengingat tanggal yang kau anggap spesial di hidup mu itu, sebagai sahabat mu aku pasti tau ingat

Bukan aku telah menjadi sahabat yang sombong karena berpura-pura tidak tau hari ulangtahun mu…

Sebelum kau protes, baca dulu yang ku tulis ini..

Dulu aku memang rutin mengucapkan selamat ulangtahun untuk mu, bukan cuma aku tapi kau juga melakukan hal sama kepada ku. Dulu saat hari ulangtahun mu aku rela berjaga tidak tidur sampai pukul 00.00 untuk memberikan kejutan sederhana atau hanya sekedar mengirim untaian doa yang ku kirim di media sosial mu, kemudian esoknya aku akan memberi mu hadiah. Memberi mu balon, kue ulangtahun dan tak lupa kita selfie bareng

Tapi itu dulu, saat aku belum paham makna ulangtahun yang sesungguhnya. Sahabatku, aku ingin mengajak mu untuk merenung sebentar tentang "Apa makna ulangtahun yang sebenarnya?"

Ulangtahun berarti mengulang/ mengingat kembali hari saat kita dilahirkan ke dunia

Advertisement

Makanya banyak dari kita merayakan hari itu sebagai rasa syukur, sekedar biar dapat kado setahun sekali atau biar dapat perhatian dari sahabat atau pacar. Apalagi kalau yang uda pacaran, kalau pacarnya telat ngucapin aja langsung galau sana sini, langsung baper tulis status sana sini bikin emot sedih sana sini curhat sama temen bilangnya "pacar aku uda berubah, uda gak inget lagi hari ultah ku :(" atau pacarnya pura-pura gak ingat, gak ngabarin seharian ehh tiba-tiba uda dirumah buat ngasi surprise, terus seneng banget deh tuh langsung upload buat instastory, upload foto dengan mention "Makasi surprise hari ini sayang, seneng deh meskipun sempet dbuat bete karna gak ada kabar seharian ehh taunya mau bikin surprise, sekali lagi makash sayang Love you *emot cium* "

oke kembali ke topik…

Sahabatku, bukankah saat kita ulangtahun berarti menandakan bertambahnya usia kita bahwa kita mulai beranjak tua. Sudah makin bijakkah kita?

Bukankah saat kita ulangtahun berkurang pula jatah umur kita di dunia? Sudah baikkah ibadah kita?

Sudah masuk kepala berapa umur kita? Masihkah kita bertingkah tidak dewasa? Apa saja hal positif yang udah kita lakukan selama kita hidup? Adakah itu? atau kebanyakan wasting timenya? Sudahkah kita memiliki hidup yang berkualitas? Mana value of life kita?

Dan renungkan lagi, Bukankah pada saat kita lahir ada seseorang yang tengah menderita, menjerit kesakitan, kadang ada yang terpaksa harus merasakan tajamnya pisau ke perutnya, bertaruh nyawa untuk kita. Ingatkah kita pada seseorang itu? Ya, dialah yang kita sebut IBU..

Lantas kenapa saat ulangtahun kita malah sibuk ngasi ucapan, nyiapin surprise untuk si anak? Bukankah yang uda berjuang itu adalah ibunya? Kenapa kita lupa? Lupa kalau ada yang lebih berhak kita beri selamat. Selamat karena telah berhasil menjadi seorang ibu, berhasil melahirkan kita dengan rupa yang cantik, manis dan tampan

Sahabat ku, itulah alasan ku mengapa aku tak lagi mengucapkan selamat ulang tahun untuk mu. Aku lebih baik mengingatkan mu untuk memberikan selamat kepada Ibu mu, berikan dia hari spesial saat hari ulangtahun mu, berterimakasihlah kepadanya dan doa kan dia agar selalu bersama kita. Toh, aku akan selalu berdoa untuk kebaikan mu kapanpun itu dan tidak selalu harus memberi mu hadiah di saat hari ulangtahun mu saja

Sahabat ku jadilah lebih bijak, jangan mudah latah mengikuti trend masa kini, kita juga harus tau mana yang salah tapi terlihat benar dan mana yang benar tapi terlihat salah.