Pertama-tama saya ucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa baru yang telah lolos seleksi SNMPTN. Tentu hal yang sangat membanggakan kalian bisa lolos seleksi dengan berbagai macam tahapan dan menyingkirkan ratusan bahkan ribuan teman-teman kita yang mungkin kurang beruntung sehingga mereka tidak dapat melanjutkan ke bangku perkuliahan padahal mereka mempunyai semangat dan kemauan yang sama untuk bisa kuliah.

Tidak lupa juga saya ucapkan kepada kalian semua bahwa mulai saat ini, kalian bukan lagi menjadi siswa yang memakai baju seragam setiap hari. Kalian saat ini sudah menjadi mahasiswa, sebuah status yang luar biasa disematkan kepadamu karena hanya sebagian kecil saja pemuda yang bisa duduk di bangku perguruan tinggi dan berstatus menjadi seorang mahasiswa. Tentu status mahasiswa bukanlah status yang main-main, mahasiswa merupakan status agung yang disematkan kepada pemuda yang mempunyai mimpi besar, pikiran besar dan tindakan besar.

Sebuah kesempatan emas bagi kalian yang dapat menikmati kehidupan kampus yang tentu berbeda sekali atmosfernya dengan sekolah dulu. Di kampus kita akan bertemu dengan berbagai orang dari seluruh penjuru tanah air yang tentu mempunyai banyak sekali perbedaan karakter, cara pandang dan budaya. Maka kita harus pandai-pandai menempatkan diri agar kita dapat bertahan dari berbagai akulturasi perbedaan itu dan dapat bergaul dengan teman lainya.

Kampus tentu banyak sekali menyediakan wadah bagi kita untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri supaya segala kemampuan yang kita miliki dapat diasah untuk kebermanfaatan orang lain. Organisasi merupakan jalan untuk mengembangkan potensi itu, banyak sekali organisasi yang ada di kampus dengan berbagai karakternya mulai dari minat bakat, keilmiahan, kerohanian, kemasyarakatan, seni budaya dan sosial politik.

Tentu dengan banyaknya wadah organisasi yang ada di kampus memberikan banyak sekali pilihan kepada kita agar dapat memilih organisasi mana yang tepat untuk melatih dan mengembangkan potensi supaya nantinya kita dapat hidup yang lebih bermakna ketika di luar kelas.

Advertisement

Banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika kita berorganisasi, selain mendapat pematangan potensi, kita juga dapat menambah jaringan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tentunya kelak sangat berguna ketika kita terjun di dunia kerja dan masyarakat. Tak ada salahnya mencoba untuk ikut berorganisasi, karena waktumu terlalu panjang ketika hanya digunakan untuk kos-kampus saja.