Setiap orang memiliki impian, harapan, dan target yang ingin dicapai dalam hidupnya. Namun hanya segelintir orang yang mau memperjuangkannya. Ibaratnya seperti lotre, sebagian besar orang ingin mendapatkan hadiahnya tapi hanya sedikit yang mau membeli lotre.

Gimana bisa kita mendapatkan hadiah sementara kita tidak membelinya? Oleh karena itu, dream and action menjadi suatu formula dari kesuksesan. Tanpa action, mimpi hanya akan menjadi angan-angan belaka. Sebelum melakukan tindakan, impian yang ingin dicapai harus ditulis dengan jelas.

Langkah apa yang harus dilakukan, bagaimana, dan kapan. Sehingga kita membutuhkan tempat untuk menyusun tangga-tangga impian, yaitu dreambook. Dreambook merupakan sebuah buku yang kemudian berisi impian-impian kita, strategi untuk menggapainya, dan motivasi. Semua isi dari dreambook harus ditulis menggunakan tangan.

Mengapa harus ditulis?

Banyak dari kita yang memiliki harapan, ide, inspirasi, dan hal-hal yang menarik lainnya menjadi terlupakan karena hanya disimpan di otak. Faktanya fungsi otak itu untuk berpikir.

Advertisement

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business School tentang menulis tujuan hidup, menunjukkan bahwa 13% responden yang punya impian tapi tidak menuliskannya memiliki penghasilan 2 kali lipat dibandingkan 84% responden yang tidak punya cita-cita. Sedangkan 3% responden yang punya cita-cita dan menuliskannya, memiliki penghasilan 10 kali lipat dibandingkan 97% responden sisanya.

Dalam membuat dreambook tidak dibutuhkan aturan khusus, yang penting tuliskan saja semua impianmu dari yang sederhana hingga impian yang besar. Jangan pikirkan impian itu mustahil atau tidaknya, yang dibutuhkan hanya keberanian. Jika keberanian untuk menuliskannya saja tidak ada, bagaimana kita bisa menggapainya.

Rancang strateginya dan kapan impian itu harus terwujud. Misalkan saja kamu ingin segera wisuda pada Agustus 2016. Agar lebih efektiv, sertai gambar-gambar yang berkaitan dengan impian kamu. Sehingga akan memicu gairah dan energi terhadap impian tersebut.

Dreambook itu nantinya akan merekam semua perjuangan kamu, hingga meninggalkan coretan-coretan yang membuktikan impianmu terwujud. Setelah kamu berhasil menciptakan dreambook, selanjutnya tinggal kamu berjuang untuk menjemput impianmu. So, buat kamu yang memiliki impian, sekarang saatnya memulai. Jangan biarkan impian itu hanya tertimbun di alam bawah sadar. Kita sendiri yang menentukan akan dibawa kemana impian-impian itu.