Buah merupakan salah satu makanan untuk penurun kolesterol yang efektif berkat kandungan nutrisi dan fitonutrien yang masih utuh. Di dalam bahan makanan ini terkandung zat-zat alami yang bersinergi satu sama lain untuk menjaga kadar trigliserida, kolesterol total, HDL dan LDL tetap ideal, normal serta seimbang. Jangan heran bila banyak obat herbal yang menggunakan bahan utama sari buah.

Anda bisa membeli beragam olahan buah penurun kolesterol dalam kemasan produk herbal terstandar untuk mendapatkan jaminan keamanan obat dari pemerintah melalui BPOM. Atau, mengolah sendiri bahan buah-buahan menjadi minuman jus sehat untuk mencegah dan menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Caranya mudah dan hanya membutuhkan peralatan sederhana yaitu mesin blender, anda sudah bisa membuat jus buah penurun kolesterol.

Kolesterol pada darah dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Misalnya jeruk, pepaya dan pisang merupakan jenis buah-buahan yang bisa mengontrol kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Seperti yang diketahui bahwa buah-buahan jenis ini memiliki kandungan vitamin C, zat besi dan juga serat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya dapat melancarkan aliran darah dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh.

Anda bisa mencoba membuat jus segar yang berbahan buah-buahan seperti resep yang ada dibawah ini untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh Anda.

1. Jus alpukat daun salam anti kolesterol

Advertisement

Bahan-bahan : buah alpukat matang 100 ml air rebusan daun salam 1 – 2 sdm madu Es batu Cara mengolah alpukat dan daun salam : Membuat air daun salam : siapkan 1 gelas air mendidih, masukkan 5 lembar daun salam. Diamkan selama 10 – 15 menit. Masukkan daging buah alpukat kedalam blender. Tambahkan air daun salam, lalu blender sampai halus. Masukkan madu dan es batu, blender 1x lagi sampai tercampur rata. Sajikan selagi masih dingin.

2. Jus Buah Bit

Waktu yang dibutukan untuk penyajian untuk membuat jus ini sekitar 5 menit, dan porsinya bisa untuk 2 orang. Bahan yang diperlukan diantaranya : 1 Bit yang telah dikupas dan dipotong, 2-3 Wortel yang telah dikups dan dipotong, 1 Apel yang telah dikupas dan dipotong, 1 cm jahe yang telah dikupas, 1 sendok teh bubuk lada hitam, Es batu secukupnya. Cara Membuat :

1.) Pertama masukan Apel, bit, jahe dan wortel kedalam blender. Lalu tambahkan sedikit Air dan blender. 2.) Setelah dihaluskan menggunakan blender kemudian jus disaring menggunakan saringan. lalu Anda bisa menaburkan bubuk lada hitam diatas jusnya, kemudian diaduk dengan sendok. Setelah itu tuangkan pada gelas. 3.) Anda tambahkan es kedalam gelas tersebut sehingga jus dapat disajikan dalam keadaan dingin dan segar.

3. Jus apel delima

Bahan-bahan : 100 g buah apel fuji 150 g buah delima Potongan es batu jika suka Cara membuat jus sehat : jus buah apel delima penurun kolesterol tinggi Gambar jus sehat dari buah apel dan delima Ambil sari buah delima secara manual, bisa juga memakai mesin juice atau juice extractor. Potong-potong buah apel, masukkan ke dalam blender bersama air delima. Proses memakai blender hingga hancur dan tercampur rata. Jika suka, tambahkan potongan es batu. Minum segera selagi masih dingin.

Itulah beberapa resep jus penurun kolesterol yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat dan menjadi perantara kesembuhan penyakit anda aamiin.

sumber: obatkolesteroldiapotik