Sungguh sangat disayangkan sekali jika titipan Tuhan dirusak oleh hambanya. Bukankah suatu kewajiban bagi seorang Makhluk ciptaan Tuhan yang berakal dan dapat berfikir dengan otaknya untuk menjaga alam semesta ini? Merawatnya seperti merawat tubuh kita.

Indonesia mempunyai banyak sekali pantai-pantai yang indah nan elok karena Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh lautan dan samudera. Banyak juga pantai yang belum tereksplor dan terjamah oleh manusia pada umumnya.

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, banyak yang menyalah gunakan kecanggihan teknologi sebagai salah satu alat untuk merusak alam, untuk merusak pantai-pantai di Indonesia, pulau-pulau yang tak seharusnya tidak menjadi tujuan untuk travelling atau liburan seperti Pulau Sempu yang berada di Kabupaten Malang.

Pulau Sempu merupakan sebuah Cagar Alam yang perlu dipertahankan dan dijaga bukan di ekspos ke media dan jejaring sosial yang kemudian dikunjungi banyak orang dan dirusak. Berawal dari beberapa orang yang berkunjung ke Pulau Sempu yang kemudian mengabadikan keindahan alam disana dengan mengambil gambar atau foto disana yang kemudian di-share ke jejaring sosial sehingga menimbulkan rasa penasaran bagi viewer-nya.

Banyak sekali sampah-sampah yang tidak mungkin hancur dan melebur dalam waktu yang singkat. Sampah-sampah yang berasal dari para traveller yang tidak mengetahui dan belum sadar akan pentingnya arti lingkungan kehidupan. Mulai dari sampah plastik bekas botol-botol minuman air putih dalam kemasan sampai kaleng-kaleng bekas makanan siap saji disana.

Advertisement

Sangat besar bukan dampak yang dihasilkan oleh sebuah gambar atau foto-foto yang diambil dan kemudian disebar luaskan begitu saja. Bagaimana bisa, anak-anak cucu kita kelak bisa menikmati indahnya Indonesia jika setiap harinya dirusak?

Sah-sah saja mengabadikan suatu momen traveling ke dalam bentuk foto, tetapi tidak menyebarluaskan ke berbagai media sosial, namun alangkah indahnya juga jika keindahan alam itu bisa dinikmati juga oleh anak-anak cucu kita kelak.

#SaveSEMPU #SaveINDONESIA