Kalau kita mencari tahu apa kiat-kita untuk menjadi sukses, yang akan kita temui adalah soal kerja keras, banting tulang, pantang menyerah, gigih, berani, dan sejenisnya. Sudah pasti hal-hal tersebut adalah komponen penting dalam membangun kesuksesan, tapi sejatinya ada hal sepele namun penting, yang sering kita lupakan.

Menjadi orang yang baik adalah satu langkah utama yang harus kita ambil jika kita menginginkan sebuah kesuksesan. Jadi orang baik? Baik seperti apa? Baik kepada siapa? Memangnya kenapa harus jadi orang baik? Ya, karena tak akan ada orang jahat yang pantas mendapatkan kesuksesan.

Kira-kira seperti itulah kalau dipikir sepintas. Kita tak akan pernah benar benar bisa sukses kalau kita belum bisa menjadi orang baik. Baik ada diri sendiri dan juga lingkungan sekitar. Sukses bukan hanya semata soal jabatan dan kekayaan. Tapi sukses adalah bagaimana kita sebagai manusia bisa mencapai mimpi, meraih pencapaian, dengan cara yang baik, dan dengan tujuan yang baik pula.

Orang yang baik adalah sahabat bagi semua orang. Dan untuk menuju kesuksesan, kita juga butuh kebaikan orang lain.

Pada fitrahnya, semua manusia itu semuanya baik. Tapi juga, manusia bukanlah manusia yang sempurna. Seumur hidup, mustahil kita tak pernah berbuat hal salah atau keburukan. Namun, yang terpenting adalah bagaimana kita berusaha untuk tetap berperilaku baik, pada diri sendiri dan orang-orang lain. Dengan berbuat kebaikan dan hal-hal terpuji, sama halnya kita sudah menuai sebuah kebaikan, dan pada saatnya nanti kita akan memanen kebaikan yang sudah kita tuai tersebut.

Perlu kita ingat, bahwa kita tak bisa sukses sendirian. Kita pasti butuh orang lain untuk membantu kita sampai pada mimpi-mimpi kita. Jika kenyataannya memang seperti itu, apakah kita bisa mencapai kesuksesan itu jika kita tidak berperilaku baik pada keluarga, teman, dan juga orang-orang lain?

Advertisement

Orang lain pasti tidak akan pernah sudi membantumu jika kamu tidak pernah berbuat baik pada mereka. Beda cerita jika kamu selalu berperilaku baik dengan orang-orang sekitar, meeka akan nyaman dengan keberadaanmu, dan tak jarang mereka akan membantumu. Kalaupun kita tak bisa melakukan suatu hal yang baik pada orang-orang, minimal kita bisa memperlakukan orang-orang di sekitar dengan baik. Lagipula, berperilaku baik pada orang lain tidak merugikan ‘kan?

Dengan berbagi kebaikan pada orang lain secara tidak langsung kamu sudah berbuat kebaikan pada diri sendiri.

Berbuat baik pada diri sendiri akan membuat hidupmu jadi lebih bahagia. Lalu bagaimana cara mudah membuat diri kita bahagia? Tentu saja dengan berbagi kebaikan degan orang-orang terdekat, orang-orang yang sudah pernah berbuat baik padamu, yang pernah membantumu.

Ya, hal paling simple untuk membuat diri sendiri merasakan kebahagiaan adalah dengan berbagi kebahagiaan dengan prang lain, karena “happiness only real when shared”. Kebahagiaan akan lebih terasa saat kamu mau membagunya dengan orang lain.

Saat dirimu sudah merasakan kebahagiaan, kamu akan lebih mudah dalam menciptakan hal-hal positif dalam dirimu. Orang sukses sudah pasti adalah orang-orang yang selalu berusaha untuk menciptakan suasana yang positif bagi diri sendiri dan selitarnya. Dengan menjadi positif, kita akan lebih semangat, termotivasi, bekerja keras, dan tak mudah putus asa.

Kalau kita mau sukses, kita harus jadi orang yang baik dan bisa menciptakan kesan yang baik. Siapa sih yang mau berhubungan dengan orang jahat?

Seperti pada poin pertama di atas, kita tak bisa mencapai kesuksesan seorang diri. Kita butuh orang lain, saudara, teman dan orang-orang lainnya untuk jadi tim, bekerja sama. Kalau kita tak bisa bersikap dan berbuat baik dengan orang-orang di sekitar kita, dan tak bisa menciptakan kesan yang baik, siapa sih yang mau bantuin? Siapa kita? Jangankan bantuin, berhubungan aja udah males ‘kan?

Kita semua pasti ingin sukses. Sebelum siap untuk bertempur, berdarah-darah demi menggapai impian, pastikan kamu selalu mengingat satu hal. Jadilah orang baik, karena tanpa hati yang baik kesuksesan adalah hal yang mustahil bagimu. Orang yang jahat tak akan pernah menang di akhir cerita.

Bekerja keraslah, bersabarlah, dan terus berbuatlah kebaikan pada diri sendiri dan orang lain. Semoga kesuksesan akan terus membuka jalannya untukmu! 🙂