Mungkin beberapa orang berfikir bahwa jadi anak bungsu itu adalah hal yang menyenangkan karena selalu dimanja oleh orang tua dan bisa mendapatkan semua yang diinginkan. Hmm… Jangan salah loh, nggak semua anak bungsu merasakan hal seperti itu. Kamu anak bungsu, ketika kakak-kakak kamu telah berkeluarga pasti kamu yang bertanggung jawab lebih atas orang tua kamu.

Kamu harus bekerja giat dari pagi sampai malam agar kamu bisa memenuhi kebutuhan kamu sendiri bahkan mungkin sebagian penghasilan kamu bisa dibagi untuk kedua orang tua. Kamu ingin liburan, ya harus kerja dan kumpulin uang. Kamu ingin punya baju baru atau sepatu baru? Nabung. Sudah memiliki pekerjaan pasti malu kalau harus minta sama orang tua dan justru mungkin kita yang sekarang harus membantu orangtua. Namun, hal seperti itulah yang membuat si anak bungsu menjadi kuat, mandiri dan tidak manja.

Kamu bisa dikatakan tahan banting, kerja apa aja yang penting halal tanpa harus selalu minta sama orang tua. Untuk anak bungsu yang masih merasakan kenikmatan dimanja orang tua, yuk mulai sekarang belajar menghilangkan sifat manja dan malas sedikit demi sedikit. Orangtuamu akan terus bertambah tua loh, masa iya kamu masih selalu minta? Coba deh keadaannya dibalik menjadi kamu yang memberi orang tua. Tidak selalu harus mahal, cukup traktir mereka makan atau belikan baju untuk mereka pasti mereka seneng.

Biarlah mereka istirahat dan menikmati masa tuanya dengan tenang dan tidak perlu lagi diganggu oleh sifat manja kamu wahai anak bungsu. Membahagiakan orang tua tidak harus selalu memberikan sesuatu yang mahal kok. Cukup untuk berhenti bersifat manja dan mulai membangun diri yang lebih kuat dan mandiri.