Berbicara tentang keindahan alam Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, keindahan alam nya akan selalu memanjakan mata kita. Salah satu keindahan alam yang perlu kita kunjungi adalah Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Kawah Sikidang Dieng terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Ada sebuah legenda megenai kawah ini. Kawah ini adalah hasil dari sumur yang ditimbun oleh warga beserta Pangeran Kidang yang masih di dalamnya. Hal itu dilakukan atas perintah Shinta Dewi untuk menolak pinangan dari Pangeran Kidang yang merupakan manusia setengah kijang. Amarah dari Pangeran Kidang yang membuat kawah ini megeluarkan asap. Selain itu dikatakan pula jika terdapat banyak kawah utama karena disamakan dengan sifat kijang yang suka melangkah kesana kemari.

Berkunjung ke kawah Sikidang ini memang benar-benar akan memanjakan matamu. Kamu bisa menikmati pemandangan berbagai kawah utama disana. Setiap kawah aman untuk dikunjungi karena sudah diberi pembatas pagar. Namun untuk menghindari terlalu banyak menghirup gas dari kawah kamu perlu menyiapkan masker atau bisa membeli masker yang pasti dijajakan oleh penjual disana. Akses untuk mencapai kawah ini juga mudah karena letaknya dekat dengan Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima.

Apabila dulu kawasan kawah Sikidang ini hanya hamparan tanah putih karena aktivitas vulkanis, sekarang pihak pengelola sudah menambahkan berbagai atribut untuk memperindah kawasan kawah. Sekarang kamu bisa mengabadikan momen indah di kawah Sikidang dengan berbagai hiasan menarik disekitar kawah. Selain itu, di sepanjang jalan menuju kawah juga ada penjual yang menjajakan hasil bumi Dieng yang mayoritas adalah hasil perkebunan seperti kentang, wortel, sayur mayur, dan buah carica. Selain disuguhi pemandangan yang memanjakan mata, kamu juga dapat buah tangan dari kawasan kawah Sikidang. Jadi tunggu apalagi, ayo ajak keluarga maupun temanmu untuk menikmati salah satu keindahan alam Indonesia ini!