Kawan, mendapatkan pekerjaan yang baik adalah salah satu hal yang wajib disyukuri. Di samping untuk beribadah, belajar untuk memandirikan diri dari sisi finansial, kita juga bisa mengimplementasikan dan mengembangkan keahlian.

Kawan-kawanku yang sudah bekerja, berapa jam kita menghabiskan waktu di kantor per harinya? Delapan jam, sembilan jam, atau sering lembur?

Saat resmi mendapatkan pekerjaan, bukan berarti kita tidak peka pada lingkungan sekitar. Sudah berapa banyak kontribusi positif yang telah kita berikan untuk rumah kita, lingkungan kita? Pertanyaan itu yang selalu terniang-niang dalam ingatanku, rasanya hidup ini kurang berarti. Bagaimana dengan kawan-kawan?

Lelah…..ya lelah!

Delapan jam per hari memang bukan waktu yang sebentar, tapi masih maukah kita meluangkan waktu minimal satu jam saja untuk berbagi cinta pada lingkungan? Pekalah terhadap lingkungan sekitarmu, baik rumah maupun kostan.

Advertisement

Bagi kawan yang tinggal di rumah, pekalah!

Barangkali di dapur banyak alat makan yang sudah kotor.

Barangkali orangtua ingin dipijat setelah seharian membanting tulang untuk adik-adikmu.

Barangkali adik-adik kita sedang kesulitan mengerjakan PR.

Barangkali semua orang di rumah kita sedang membutuhkan kawan beicara.

Bagi kawan yang tinggal di kostan pun, pekalah!

Barangkali di lingkungan sekitarmu sedang kekurangan guru mengaji anak-anak maupun pengisi majelis ta’lim.

Barangkali di lingkungan sekitarmu ada anak-anak yang kesulitan mengerjakan tugas sekolah.

Barangkali di lingkungan sekitarmu ada orang tua renta yang membutuhkan jasa sesuai keahlianmu.

Sebenarnya banyak sekali cara kita untuk berbagi cinta setelah aktivitas bekerja.

Kawan…

Ingatkah, bahwa kita semua adalah makhluk sosial yang sama-sama saling membutuhkan dan dibutuhkan orang lain? Kita selalu menuntut solusi terhadap kebobrokan kebijakan di negara ini. Mulai sekarang, marilah kita berbagi cinta kepada sesama agar hidup menjadi berarti.

Hidup ini terlalu pendek nan hampa jika hanya mengisinya dengan bekarja, makan, tidur dan main. Karena hidup yang indah adalah saat kita bisa melakukan hal yang bermanfaat bagi semesta.