Kawula muda.

Orang muda atau lebih sering disebut pemuda adalah sosok yang penuh dengan kekuatan dalam dirinya. Beragam potensi emas siap diluncurkan untuk memberikan kontribusi kepada negeri. Potensi yang dimiliki tentunya tak datang begitu saja. Proses menggali dan mengembangkan potensi dilalui dengan perjuangan dan kerja keras.

Namun, saat ini kawula muda disibukkan dengan kegiatan alay yang sedang menjadi trend para kawula muda. Mulai dari koleksi fashion, style, dan trip ke destinasi wisata baru kemudian upload di berbagai media sosial. Dia yang paling update di media sosial dialah yang menjadi artis yang di sanjung-sanjung kemudian ditiru. Mereka terlalu asyik menikmati masa muda, namun mereka lupa ada yang lebih berharga dari masa muda itu sendiri.

Uploadtentang prestasi untuk menjadi motivasi, itulah yang berarti. Begitulah seharusnya, potensi yang gali dan dikembangkan kemudian membuahkan prestasi. Masa muda tak melulu soal hidup senang tanpa tanggung jawab. Tapi seberapa besar potensi. Seberapa luas pengetahuan. Seberapa manfaat ilmu yang sudah di dapatkan. Seberapa manfaat dirinya untuk orang lain, lingkungan bahkan untuk negeri.

Berbicara tentang manfaat, kuncinya adalah kesadaran dan kepekaan untuk memberi manfaat kepada orang lain. Siapapun dapat menjadi manfaat. Ada banyak hal yang bisa kita gunakan untuk memberi manfaat. Jika kita punya harta, kita bisa memberikan manfaat kepada orang lain dengan harta. Jika kita punya ilmu, kita bisa memberikan manfaat ilmu kepada orang lain. Jika kita punya tenaga, kita bisa memberikan manfaat dari tenaga kita kepada orang lain.

Advertisement

Dengan semangat menggelora yang tengah dimiliki seorang pemuda, ini menjadi modal awal untuk menindaklanjuti kesadaran. Kemampuan akademik yang dihasilkan dari belajar sungguh-sungguh dapat mencetak karya yang bisa mengharumkan nama sekolah. Kemampuan dalam bidang olahraga, bermusik atau bidang non akademik lainnya juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengharumkan nama sekolah atau bahkan negeri jika dikembangkan dengan sungguh-sungguh.

Selain itu, kawula muda juga dapat membentuk sebuah komunitas atau mengaktifkan komunitas yang tengah digeluti. Komunitas yang dibentuk biasa berupa komunitas yang berhubungan dengan peduli sosial, membangun karya, atau yang sesuai dengan passionnyamasing-masing. Melalui sebuah wadah berupa komunitas, segala bentuk action dapat terorganisir. Komunitas yang bergerak di bidang sosial inilah yang seringkali memberikan dampak positif berupa manfaat kepada masyarakat. Namun tak kalah bagus juga dengan komunitas yang bergerak dibidang karya. Mereka memberikan manfaat dengan karyanya, bahkan seringkali mampu membawa prestasi yang mengharumkan negeri.

Pemuda yang bermanfaat adalah pemuda yang tidak hanya bersembunyi di bawah lindungan bapaknya. Bukan juga ia yang memiliki segudang kegiatan alay yang tak memiliki manfaat. Tetapi ia yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri, orang tua dan lingkungan sosialnya. Ia memiliki kesadaran dan kepekaan terhadap lingukungan sosialnya. Sibukkan diri dengan kegiatan yang positif memiliki banyak manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain atau bahkan untuk negeri. Apalagi yang dapat dibanggakan dari kehidupan dunia ini selain bermanfaat untuk orang lain. Yakinlah, masa muda tak akan sia-sia dan masa tua kelak kan bahagia.