Objek wisata yang ada di Indonesia merupakan salah satu dari kekayaan alam yang patut dan wajib untuk dikembangkan. Salah satunya adalah Kabupaten yang menjadi tempat tujuan saya dan keluarga menghabiskan liburan Akhir Semester ini, yaitu di Gunungkidul. Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang menyuguhkan banyak tempat pariwisata yang wajib dan patut untuk kita kunjungi ketika berlibur di Yogyakarta khususnya adalah pantai. Gunungkidul adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki luas wilayah mencapai hingga 46% dari keseluruhan luas provinsi. Bentang alam di Gunungkidul terdiri dari dataran tinggi dan bergunung-gunung, didominasi pegunungan karst atau kapur yang membentang hingga ke arah selatan pulau Jawa.

Sepanjang tahun mulai dari tahun 2014 tempat-tempat wisata di Gunungkidul mengalami peningkatan, mulai dari jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara sampai pada hasil perekonomian yang didapat dari sektor pariwisatanya tersebut memberi kontribusi yang positif terhadap Pendapatan Asli Daerah hingga Rp 10 miliar lebih khusus untuk pantainya saja. Sebelumnya sektor pariwisata di Gunungkidul yang belum begitu baik hingga sekarang mampu menyedot banyak perhatian wisatawan-wisatawannya.

Hanya dengan merogoh kocek sebanyak Rp. 10.000 untuk setiap orangnya saya dan keluarga saya sudah dapat menikmati pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Beberapa pantai yang saya kunjungi ketika saya berlibur di Gunungkidul :

1. Pantai Baron

Pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Yogyakarta. Untuk sampai ke pantai ini harus menempuh jarak kira-kira 40 kilometer dari kota Yogyakarta. Disini kami menaiki kendaraan pribadi untuk sampai ke objek wisata ini. Konon katanya nama pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan jaman dahulu yaitu Baron Skeber yang pernah mendaratkan kapalnya dipantai ini. Tempat wisata pantai Baron ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara karena memiliki keindahan pemandangan yang disuguhkan, terdapat 2 pulau bukit yang dapat didaki untuk melihat keindahan pantai ini dari atas dan juga adanya mercusuar diatas bukit. Selain itu pantai ini juga terkenal dengan aneka masakan lautnya.

Advertisement

2. Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan salah Satu dari sekian banyak obyek pariwisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta. Saat kami berangkat sesampainya di pantai ini kami masih dapat melihat indahnya sunrise yang disuguhkan. Selain itu pantai ini juga memiliki beberapa spot surfing tersembunyi yang menantang. Pantai Krakal ini sudah lama terkenal sebagai salah satu kawasan pantai yang berada di ujung selatan Jogja dan mempunyai keindahan begitu luar biasa. Di Pantai ini terdapat ikan damselfish berwarna kuning dengan aksennya berwarna biru di punggung, ikan kepe-kepe atau butterflyfish dengan bergaris-garis biru tua dan biru muda, serta terdapat sekelompok ikan kecil yang berwarna biru terang sedang berenang di antara bebatuan. Kaki-kaki bintang laut berwarna hitam yang menjulur keluar dari balik batu yang menjadi tempat persembunyian mereka.

3. Pantai Siung

Salah satu pesona yang amat melekat dari Pantai ini adalah Karangnya yang terkenal sebagai situs memanjat. Sebagai salah satu bentuk wisata minat khusus, warga sekitar dapat menangkap peluang ini dengan terbuka bagi wisatawan luar negeri. Ketika kami menjelajah kesana, turis asing sama banyaknya untuk menjajal tantangan tebingan karang di wilayah pantai yang panas ini.

4. Pantai Jogan

Dari puluhan pantai yang tersebar di wilayah pesisir pantai Gununkidul, pantai Jogan menempati posisi yang istimewa untuk saya dan keluarga. Bagaimana tidak, di Pantai Jogan kami dapat menemukan aliran air terjun yang tepat berada di bibir laut yang mungkin tidak akan dapat dijumpai di daerah manapun di Indonesia. Adalah pesona yang mengundang decak kagum ketika kami menyaksikan langsung satu karya alam dimana air terjun jatuh ke bibir laut dari balik bukit ke bibir laut Jogan. Ketinggian air terjun ini sekitar 10 m dengan sumber air yang berasal dari perbukitan karst di sebelah utara.

5. Pantai Nglambor

Ini adalah pantai terakhir yang kami kunjungi, merupakan pantai yang tak kalah indahnya. Pantai ini memiliki pesona pemandangan bawah laut yang sangat indah. Dan ombaknya pun sangat tenang, sehingga menjadi tempat snorkling yang sangat direkomendasikan. Apalagi pesona pemandangan sunset dari Pantai Nglambor ini yang sangat indah dan eksotis.