Bagi pemula atau fresh graduated, tempat kerja baru atau kantor adalah sebuah lingkungan baru yang perlu adaptasi ekstra besar. Karena banyak kepribadian dan watak dari orang lain yang belum pernah dikenal, berbaur dengan orang baru juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih, kamu termasuk orang yang 'kurang pandai'bersosalisasi.

Tenang, tidak semua kantor isinya orang-orang jutek bin judes. Menurut penulis, ada beberapa tipe orang yang bisa dijadikan teman dan dijadikan bahan intropeksi diri:

1. Tukang Gosip

Kalau berteman sama tipe yang satu ini, kamu harus pandai menyaring berita yang keluar dari mulutnya. Karena tidak semua info benar adanya, siapa tau hanya angin lewat yang sengaja memanjakan telinga agar ada bahan obrolan. Nilai plusnya, kamu bisa tau gosip terupdate dari lingkungan kantor.

2. Tukang Nongkrong

Advertisement

Ini 'agak' berbahaya juga, karena bisa saja tagihan di credit card makin membludak. Tidak bisa disangkal bahwa dewasa ini sudah merubah momok credit card sebagai must have card. Padahal nggak semua orang butuh dan nggak semua orang akan sekonsumtif layaknya gaya hidup ibu kota. Buat yang tinggal di Jakarta, cafe atau tempat tongkrongan fancy adalah tujuan utama dari teman kantor yang doyan foya-foya. Selain itu, nongkrong di tempat fancy juga membuktikan seberapa kerennya orang tersebut. Kalian boleh kok sesekali nongkrong di tempat keren nan kekinian, tapi tentu saja diiringi dengan perhitungan untuk pengeluaran tiap bulan.

3. Tukang Nyinyir

Waduh punya teman doyan nyinyir emang bikin gerah! Eiiits, jangan salah sangka dulu. Biasanya orang nyinyir ini adalah orang yang paham atas potensi didalam diri kita, sadar akan kemampuan yang kita miliki dan juga merasa tersaingi. Kalau kamu punya salah satu teman yang seperti ini, berterimakasih saja karena dia sudah lebih dulu menyadari bahwa kita memiliki potensi yang tidak disadari dan jangan lupa tetap bersikap baik ya. Mau bagaimanapun suatu saat kalian akan bekerja sama dengan orang seperti ini.

4. Judes, tapi aslinya kocak

Pernah dong nemuin orang macam ini ditiap lingkungan? Yap! Orang bermuka judes dan jutek ini banyak didapati ditiap kantor bahkan hampir semua. Ditambah kamu adalah anak baru yang belum tau apa-apa, dijamin senioritas akan terasa. Kembali lagi bagaimana cara kalian bersosialisasi, kebanyakan yang pasang muka judes ini adalah penilaian pertama kalian. Belum tentu setelah mengenalnya dia akan tetap seperti itu atau kalau sudah kenal dan masih judes juga, itu berarti ada yang salah dengan sikap kalian. Intropeksi itu perlu kan?

5. Diam tapi menghanyutkan

Bahaya! Kalau ketemu teman seperti ini, harus ekstra ekstra selektif. Biasanya yang diam dan menghanyutkan ini bisa menjatuhkanmu didepan atasan, bisa juga mengklaim pekerjaanmu sebagai pekerjaannya. Kamu anak baru, belum berani speak up? Bersiaplah nilai buruk menanti, kecuali kamu memang sudah terbiasa berargumen dan mengatasi orang semacam ini. Berani berbicara adalah salah satu hal yang perlu dikuasai ketika masuk dalam bursa kerja.

Sebenarnya masih banyak tipe teman kantor yang bisa dijadikan bahan untuk memperbaiki diri, sekiranya point diatas sudah cukup mewakili. Pandailah memilah dan menjadikan seseorang sebagai teman atau yang akan dijadikan tempat berkeluh kesah, dalam dunia kerja selalu ada peraturan tidak tertulis yaitu "don't trust anyone, just trust yourself". Jangankan dunia kerja, semasa kuliah saja pasti menemukan musuh dalam selimut. Hati-hati dalam memilah teman agar tidak menyesal kemudian.