Tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal hipertensi merupakan salah satu penyakit yang umum di kalangan masyarakat. Kemunculan penyakit ini harus diwaspadai betul, mengingat hipertensi adalah salah satu pemicu utama seseorang terserang penyakit stroke dan jantung koroner.

Tahukah anda bahwa hipertensi akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi tubuh, bahkan tak jarang juga mengakibatkan terjadinya kematian. Oleh karena itu, upaya pencegahan sangat penting untuk dilakukan. Lantas anda akan bertanya, bagaimana cara mencegah penyakit hipertesi yang ampuh?

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai pencegahannya, alangkah baiknya jika anda menyimak terlebih dahulu sekilas mengenai tekanan darah. Tekanan darah merupakan sebuah tekanan yang dialami oleh darah pada pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh. Lalu apa yang menyebabkan tekanan darah meningkat? Peningkatan tekanan darah disebakan oleh adanya penyempitan pada pembuluh darah. Selain itu, jika jumlah darah yang mengalir bertambah, maka tekanan darah juga ikut meningkat.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi seringkali muncul karena adanya berbagai macam faktor penyebab yang menjadi pemicunya. Faktor penyebab hipertensi diantaranya adalah pola makan yang tidak teratur, gaya hidup yang kurang sehat, mengalami obesitas atau kegemukan, mengalami stress, serta faktor keturunan.

Kini faktor penyebab hipertensi sudah marak beredar di sekitar kita, oleh karenanya perlu diwaspadai, karena bisa jadi faktor penyebab tersebut sudah menjadi kebiasaan buruk kita sehari – hari. Sealin itu, perlu anda waspadai juga akan munculnya beragam gejala dari penyakit hipertensi ini, seperti sakit kepala yang berkepanjangan, pandangan kabur, mudah marah, dan tubuh sering merasa lelah. 

Advertisement

Namun, anda tidak perlu khawatir karena tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat diatasi atau dicegah dengan menerapkan 7 tips sehat berikut ini, diantaranya :


  1. Mengurangi konsumsi terhadap minuman yang mengandung alcohol

  2. Merubah pola hidup menjadi lebih sehat dari sebelumnya

  3. Berolahraga secara rutin dan teratur

  4. Tidak mengonsumsi rokok

  5. Mengontrol berat badan

  6. Menghindari terlalu banyak berfikir

  7. Konsumsi rutin buah dan sayur

Tips di atas diharapkan mampu membantu Anda dalam melakukan upaya pencegahan terhadap tekanan darah tinggi atau hipertensi