Setiap orang selalu memiliki masa lalu. Entah baik atau buruk. Entah menyenangkan atau menyedihkan. Setiap kenangan selalu memiliki ceritanya masing-masing. Namun tidak semua orang dapat berhasil menjadikan masa lalu itu sebagai pembelajaran. Tidak sedikit mereka yang amat sulit melupakannya hingga membuat hidupnya tak menyenangkan dan bergairah seperti sedia kala. Tapi, bukan berarti tidak bisa. Karena hidup bukan untuk terkengkang dalam masa lalu, tapi bebas dan merasa #MerdeKamu dalam menjalani hidupmu.

Semakin Berusaha Melupakan Masa Lalu, Maka Semakin Sulit. Justru Kamu Harus Mengenangnya.

Bukan berarti mengenang masa lalu harus setiap detik kamu lewati. Masa lalu ada untuk menjadikanmu pembelajaran kedepan. Jadi bukan untuk dilupakan, justru harus menjadi penyemangatmu agar hidupmu kedepan dapat menjadi lebih baik. Entah masa lalu yang buruk ataupun yang baik. Semua sama, sama-sama harus membuatmu semangat, bukan terkurung dalam kebisuan hidup.

Masa Lalu Yang Pernah Ada Bukan Terus Untuk Didekap. Kamu Harus Bisa Melepasnya, Agar Kamu Dapat Menikmati Hidup Dengan Lebih Bijaksana.

Masa lalu boleh-boleh saja untuk terus dikenang. Tapi bukan berarti masa lalu itu boleh membunuhmu pelan-pelan. Ya, kamu akan lebih tersiksa dengan tidak bijaksana dalam mengenangkan. Kenanglah seperlunya. Buat dirimu tetap bebas dan dapat merasakan kemerdekaan hidupmu sendiri tanpa harus membuat hidupmu tertekan lebih lama oleh masa lalumu sendiri.

Advertisement

Masa Lalu Ibarat Kanvas Yang Telah Dilukis, Terlihat Apik Namun Dapat Membuatmu Tak Berhenti Berkedik.

Selalu berjalan ditempat tak akan membuatmu berkembang dengan baik. Kamu perlu hal baru tanpa harus melihat masa lalu yang telah usai. Hidupmu bukan untuk memandang lama masa lalu yang telah selesai, hidupmu adalah untukmu yang ingin terus berproses menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Jadi, pergilah, pandanglah secukupnya, ingatlah sekadarnya.

Bijaklah Memanfaatkan Waktu. Jangan Buang Waktu Hanya Untuk Mengingat Ini Itu.

Setiap detik waktumu amatlah berharga. Bahkan dalam satu hari sekalipun, kamu bisa lakukan puluhan hal dalam satu waktu. Karena itu tak akan bijak jika kamu menghabiskan waktu hanya untuk mengenang masa lalu. Gunakanlah dengan maksimal untuk hal-hal yang dapat membuat hidupmu menjadi lebih berharga.

Jadi memanfaatkan waktu menjadi hal yang berharga mutlak kamu lakukan. Jangan sampai, kamu sia-sia hanya untuk kenangan tak berharga yang selalu kamu dekap setiap saat. Sebab hidupmu lebih bermakna saat kamu dapat menikmatinya dengan lebih bijaksana. Lupakanlah masa lalu, jadikan ia sebagai penyemangat baru. Buat dirimu bebas dan merdeka setiap waktu.